sergap.id, SOE – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), mengaku, dirinya hadir untuk meresmikan SMK Kencana Sakti Haumeni, karena pendidikan hadir untuk membangun peradaban bagi generasi yang akan datang.

“Saya hadir di sini bukan karena meresmikan gedung ini, tapi saya hadir karena pendidikan sangat penting untuk perubahan manusia,” tegas VBL sebelum menandatangani prasasti peresmian gedung SMK Kencana Sakti Haumeni di Desa Oenali, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada Kamis (13/02/2020).

Menurut dia, pendidikan tidak bisa ditinggalkan. Karena pendidikan adalah alat untuk menyelesaikan persoalan dalam diri setiap manusia.

“Kecerdasan itu bagian dari iman. Iman adalah imajinasi dari seseorang untuk membuat orang lain maju. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang tidak mau menerima dirinya apa adanya,” ucap VBL.

Sejak dilahirkan, kata VBL, setiap manusia akan tumbuh dan terus berusaha untuk berubah. Salah satunya lewat lembaga pendidikan, untuk transfer knowlegde (pengetahuan).

Dan, untuk mengetahui sebuah daerah itu maju atau tidak dapat diukur dengan, pertama: kecerdasan sumber daya manusianya, kedua: berapa banyak pemimpin yang tamak, dan ketiga: berapa banyak potensi yang ada di daerah itu.

“Pintar tapi rakus nanti kerjanya hanya pencuri,” kritik VBL.

Untuk membangun peradaban manusia, lanjut VBL, diperlukan logika, etika dan estetika. Pendidikan vokasional atau kejuruan memang berat tetapi harus dilatih.

“Kita perlu skill dasar, madya, dan profesional. Menurut saya, sekolah ini menjadi bagian dari cita-cita dan program dari Pemerintah Provinsi NTT. Karena itu, lulusannya harus jadi pengusaha-pengusaha yang sukses. Jangan jadi pekerja, tetapi jadi pemegang saham,” ujarnya.

VBL menyampaikan terima kasih kepada yayasan yang telah membangun SMK Kencana Sakti Haumeni.

“Out put sistem pendidikan yang benar adalah orang pintar, orang baik, dan orang terampil. Yayasan Kencana Sakti ini adalah orang-orang yang hatinya mulia. Di Injil tertulis, lebih baik memberi daripada menerima. Saya beri apresisasi yang luar biasa kepada keluarga Pandie yang telah mendonasikan berkat dari Tuhan untuk membangun sekolah ini,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati TTS, Epi Tahun, juga menyampaikan terima kasih kepada yayasan pendiri SMK Kencana Sakti Haumeni.

“Ini SMK pertama di Soe, dan kehadirannya memberi warna untuk pendidikan di TTS,” imbuhnya.

SMK Kencana Sakti Haumeni dibangun tanggal 16 April 2016. Ada tiga Prodi (Program Studi) yakni keperawatan, pariwisata dan perhotelan. Proses belajar mengajar baru berjalan dua tahun dengan siswa berjumlah 376 orang. (red/veri guru)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.