Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat sidak harga barang di pasar Naikoten I, Kupang, Senin (27/4/20).

sergap.id, KUPANG – Untuk memastikan kestabilan harga sembilan bahan pokok (sembako) jelang Ramadhan 1441 H/2020, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore (JRK), melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar Naikoten I, Kupang, Senin (27/4/20).

Langkah ini dilakukan berkaitan dengan naiknya sejumlah harga barang akibat pandemik Covid-19.

Saat mengecek harga barang di Pasar Naikoten I, JRK didampingi Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Kupang Djidja Kadiwanu, Direktur PD Pasar Simon Pelokila, Camat Kota Raja dan Lurah Naikoten 1.

Usai menemui dan berdialog dengan para pedagang, JRK membenarkan adanya kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok seperti gula, bawang putih dan cabe.

Karena itu, JRK langsung menginstruksikan Kadis Perindag agar segera menghubungi para distributor, supplier dan Bulog untuk melakukan operasi pasar agar kenaikan harga barang bisa ditekan.

“Distributor jangan tahan-tahan stok, supaya harga tetap stabil,” tegas JRK.

Kenaikan harga sejumlah barang diakui oleh Aryanti Li, salah satu pedagang di pasar Naikoten I.

Ia berharap stok barang tetap aman hingga ramadhan agar kenaikan harga tidak terjadi lagi dan masyarakat pembeli bisa menjangkaunya.

Pada kesempatan yang sama, Djidja Kanawadu, menyatakan siap menindaklanjuti instruksi Wali Kota.

Ia berjanji akan segera menghubungi para distributor dan Bulog untuk menggelar operasi pasar.

Dia menjelaskan, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok itu diakibatkan pasokan yang terlambat, karena jalur transportasi sedikit terhambat akibat adanya kebijakan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar di sejumlah daerah.

Namun dia memastikan stok sembako untuk warga Kota Kupang masih aman hingga beberapa waktu kedepan.

“Masyarakat tidak perlu kuatir,” pintanya.

Proyek jalan yang menghubungkan kelurahan Airnona dengan Kelurahan Manutapen.

Usai memantau harga barang di Pasar Naikoten I, Wali Kota melanjutkan perjalanan memantau proyek pembangunan jalan di Kelurahan Manutapen.

Kepada pengelola proyek, JRK mengingatkan untuk tidak lupa membangun drainase di bantaran jalan agar rumah warga di pinggir jalan tidak kebanjiran di musim hujan.

JRK memperkirakan proyek jalan yang menghubungkan kelurahan Airnona dengan Kelurahan Manutapen itu akan selesai dalam lima bulan ke depan. (adv/hms)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.