Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere.

sergap.id, KUPANG – Pasien positif COVID-19 di NTT terus bertambah. Hari ini, Kamis (14/5/2020), terkonfirmasi ada 9 positif berdasarkan hasil test swab laboratorium PCR RSUD WZ Johannes Kupang.

“Ada penambahan 9 orang positif corona. 8 dari Kabupaten Sikka, sebagian besar berasal dari klaster KM Lambelu, dan 1 dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, klaster Goa, ” ujar Kadis Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere kepada wartawan di Kupang, Kamis (14/5/20) siang, pukul 13.29 Wita.

Mere menjelaskan, penambahan ini merupakan hasil dari pemeriksaan terhadap 46 sampel swab yang dirujuk dari Kabupaten Sikka dan Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka untuk segera berkoordinasi dengan Direktur RSUD T.C. Hilers dan seluruh perangkatnya untuk tindakan-tindakan dan penatalaksanaan medis yang harus dilakukan, terutama melakukan perawatan dan isolasi (terhadap pasien),” katanya.

“Demikian juga untuk Kabupaten Manggarai Barat, kami juga telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat untuk segera melakukan tracing dan melakukan isolasi khusus terhadap pasien di RSUD Komodo Labuanbajo,” tambahnya.

Menurut Mere, di Manggarai Barat ada dua rumah sakit yang menangani pasien corona plus, yakni RSUD Komodo dan RS Siloam Labuan Bajo.

“Dengan bertambahnya 9 kasus covid plus yang sudah terkonfirmasi, maka total pasien terkonfirmasi di NTT per hari ini sebanyak 39 orang, yakni 36 sedang dirawat, 2 telah sembuh, dan 1 meninggal dunia,” ucapnya.

Berikut jumlah pasien corona plus per kabupaten/kota di NTT:

  1. Kabupaten Manggarai Barat 12 kasus
  2. Kota Kupang 11 kasus (2 dinyatakan sembuh, 1 meninggal dunia)
  3. Kabupaten Sikka 8 kasus
  4. Kabupaten TTS 2 kasus
  5. Kabupaten Rote Ndao 2 kasus
  6. Kabupaten Flores Timur 1 kasus
  7. Kabupaten Nagekeo 1 kasus
  8. Kabupaten Ende 1 kasus
  9. Kabupaten Sumba Timur 1 kasus

“Trand penyebaran Covid Plus di NTT sudah hampir separuh dari kabupaten dan wilayah provinsi NTT,” kata Mere. (ns/ns)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.