Jumpa pers soal pencegahan insiden kapal tenggelam.

sergap.id, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan evaluasi dan perbaikan besar-besaran sejumlah dermaga di Indonesia, termasuk yang di Provinsi NTT.

Hal ini dilalkukan terkait banyaknya peristiwa kapal tenggelam.

Selain NTT, pemerintah juga akan memperbaiki dermaga di empat daerah lain di Indonesia.

“Lima lokasi dermaga atau tempat penyeberangan sungai dan danau yang sudah saya putuskan untuk dilakukan pembenahan dan perbaikan secara menyeluruh,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, seperti dilansir detik.com Kamis (16/8/2018).

“Pertama, Palembang, di sungai Musi, Kalimatan Utara, terutama penyeberangan sampai ke wilayah Malaysia, Batam, Maluku Utara dan NTT,” lanjutnya.

Budi menerangkan perbaikan tersebut meliput semua aspek mulai dari sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, perlengkapan keselamatan hingga budaya. Salah satunya ada membenahi budaya atau pola pikir baik dari operato kapal maupun masyarakat.

“Paling penting adalah budaya. Baik operator dan masyarakat yang menggunakan kapal harus terbangun dan mendukung keselamatan pelayaran. SDM-nya kita akan lalukan pelatihan dan kita kan lakukan edukasi,” ucap Budi.

Tak hanya itu, kelengkapan keselamatan juga tidak kalah penting. Dia berharap kelengkapan keselamatan harus dipenuhi di setiap kapal di dermaga atau tempat penyeberangan.

“Perlengkapan keselamatan ini sangat penting sekali terhadap kapal, life jacket, liferaft,” tambahnya.

Budi mengatakan perbaikan dermaga di lima lokasi tersebut akan segera dilakukan tahun depan. Dia berharap nantinya perbaikan akan dilakukan di sejumlah dermaga di lokasi lain.

“Ini akan berjalan. Kita sudah susun road map-nya. Tahun depan perbaikan itu cukup banyak yang kita kerjakan. Harapan kita adalah ini akan memjdi semacam contoh bagi lokasi-lokasi lain, selain yang di Danau Toba juga tetap akan tingkatkan kembali kita akan pelihara hingga sempurna,” ungkapnya. (jel/jel).

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.