Silvester Samun dan Agatha Dhiu
Silvester Samun dan Agatha Dhiu

sergap.id, KUPANG – Sesarius Laga Erap yang akrab disapa Sesar Erap membuat pengaduan tertulis kepada Bupati Kabupaten Lembata, Eliaser Yentji Sunur.

Kepada SERGAP per telepon pada Jumat (16/7/21) malam, pria yang beralamat di RT 13 RW 03 Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata ini menjelaskan, dirinya telah menyerahkan surat bernomor 01/SLE/PGDN/IV/2021 kepada Bupati Lembata melalui Sekda Kabupaten Lembata, Paskalis Tapobali, pada tanggal 29 April 2021.

“Awalnya konsep surat kami bawa ke BKD. BKD kemudian revisi dan antar ke Sekda. Sekda lantas revisi ganti kata ini, ganti kata itu. Kemudian saya rubah sesuai petunjuk Sekda. Setelah itu surat saya antar ke Sekda di kantornya. Sedangkan untuk Kepala BKD saya antar di rumahnya,” ujar Sesar.

Namun hingga kini, kata Sesar, belum ada tindaklanjut dari Bupati maupun Sekda terkait pengaduannya.

“Waktu saya antar surat kasi Sekda, Sekda simpan itu surat di lacinya. Tapi kemarin ketika ada wartawan bertanya ke dia, dia bilang, dia butuh laporan fisik. Lah terus itu surat??? Bentuk fisik yang bagaimana lagi? Kan itu surat saya isi dalam map dan sudah saya kasi ke dia. Makanya saya bilang ke wartawan itu, ah mereka (Sekda) bohong itu. Surat sudah kasi dari bulan April, tapi sudah lama begini belum tanggapi juga. Mereka melindungi Silvester Samun,” paparnya.

Berikut isi surat pengaduannya:

Kepada Yth. Bapak Bupati Kabupaten Lembata

di Tempat.

Dengan hormat!

Sesuai dengan perihal surat di atas, maka ini saya:

Nama: Sesarius Laga

Alamat: Lamahora Rt 13 Rw 03 Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata.

Jabatan: suami dari Agatha Dhiu

Dengan ini saya datang kehadapan bapak membuat pengaduan terkait dengan kelakuan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lembata, Silvester Samun dengan istri saya Agatha Dhiu, Bendahara pada Dinas Pendidikan Lembata.

Terkait dengan hubungan perselingkuhan yang mana menjadi buah bibir orang dan terbukti dalam pergaulan mereka yang mana telah diketahui oleh keluarga dan rekan rekan kerjanya, maka saya sebagai suami mengambil suatu tindakan yang keras untuk menindaklanjuti kedua oknum ini sebagai ASN sesuai hukum dan aturan ASN yang berlaku.

Oleh sebab itu saya sendiri selaku suami datang kehadapan bapak untuk secepatnya menindaklanjuti persoalan ini yang mana membuat hubungan keluarga kami menjadi berantakan sampai saat ini, dan saya mohon dengan hormat kepada bapak bupati untuk:

  1. Berkenan memindahkan istri saya dari Dinas Pendidikan dengan konsekuensi jabatan dicopot sebagai Bendahara Pengeluaran dan ditempatkan di Kelurahan Lewoleba Timur agar mudah diawasi oleh saya sendiri sebagai suami (dekat dengan rumah).
  2. Dapat menjatuhi hukuman disiplin kepada Silvester Samun dan istri saya Agatha Dhiu sesuai aturan ASN yang berlaku.
  3. Saya sebagai suami bertanggungjawab atas keterangan ini.

Demikian pengaduan ini saya buat dengan sebenarnya, dan demi menjaga tindakan negatif yang dilakukan oleh saya dan keluarga saya.

Surat pengaduan yang ditembuskan kepada Sekda Lembata, Kepala BKPSDM Lembata, dan Inspektorat Lembata ini juga ditandatangani oleh Simon Sogen Erap, orang tua Sesar.

“Alat bukti sudah ada. Surat dan foto sudah saya kasi semua,” ucap Sesar.

Menurut Sesar, akibat perselingkuhan tersebut, kini istrinya telah keluar dari rumah dan memilih tinggal di kost.

“Dia sendiri keluar dari rumah. Saya tidak usir dia. Dia angkat semua dia punya barang-barang dan pindah tinggal di kost,” bebernya.

Sesar mengaku, dari pernikahannya dengan Agata, mereka dikaruniai 3 anak.

“Istri saya dari Bena, (Kecamatan) Jerebuu (Kabupaten Ngada,” pungkasnya.

BACA JUGA: Kadis Pendidikan Lembata Diduga Selingkuh Dengan Bendaharanya

Sementara itu, Sekda Lembata, Paskalis Tapobali, Kepala BKPSDM Lembata, Patris Ujan, dan Kadis Pendidikan Lembata, Silvester Samun yang dihubungi SERGAP via chat WhatsApp tak merespon. Ketiganya hanya melihat dan membaca isi pesan SERGAP, namun tidak membalasnya.

Sedangkan Agatha Dhiu hingga berita ini dipublikasi belum berhasil dihubungi SERGAP.

Silvester Samun sendiri telah memiliki istri dan dua orang anak. (cis/hto)

1 COMMENT

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here