Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere saat menjelaskan adanya penambahan pasien positif Covid-19 kepada wartawan di Kupang, Sabtu (29/5/20) siang.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere saat menjelaskan adanya penambahan pasien positif Covid-19 kepada wartawan di Kupang, Sabtu (29/5/20) siang.

sergap.id, KUPANG – Hari ini, Jumat, 29 Mei 2020, dari 48 specimen swab yang diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang, ada 1 yang positif terkonfirmasi Covid-19 dan dia memiliki hubungan erat dengan pasien transmisi lokal sebelumnya.

“Ya hari ini ada tambah 1 pasien positif Covid-19 yang berasal dari Kelurahan Nunleu, Kota Kupang. Sehingga jumlah pasien positif Covid-19 di NTT saat ini menjadi 92 orang,” Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere kepada wartawan di Kupang, Sabtu (29/5/20) siang.

Menurut dia, spesimen yang diperiksa hari ini, selain berasal dari Kota Kupang, juga berasal dari Kabupaten Flores Timur, Lembata, Sabu Raijua, dari Sikka.

“Khusus Kota Kupang, spesimennya berasal dari RS Wirasakti, RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang, dan RS Siloam,” paparnya.

“Hari ini juga ada satu pasien positif di Kota Kupang dari Klaster Sukabumi yang dinyatakan sembuh. Hari ini dia sudah diperbolehkan pulang,” ucap Domi Mere.

Dengan bertambahnya 1 kasus yang positif terkonfirmasi covid-19 dari Kota Kupang ini, maka jumlah kasus Covid-19 plus di NTT ada 92 dengan rincian :

  1. Kabupaten Sikka 27 kasus
  2. Kota Kupang 25 kasus (14 dirawat, 10 sembuh, 1 meninggal dunia)
  3. Kabupaten Manggarai Barat 14 kasus,(12 dirawat, sembuh 2)
  4. Kabupaten Sumba Timur 8 kasus (7 dirawat, sembuh 1)
  5. Kabupaten Ende 6 kasus
  6. Kabupaten TTS 4 kasus (3 dirawat, 1 sembuh)
  7. Kabupaten Rote Ndao 2 kasus
  8. Kabupaten Flores Timur 2 kasus
  9. Kabupaten Nagekeo 3 kasus
  10. Kabupaten Manggarai 1 Kasus

Total keseluruhan, dari 92 kasus positif Covid-19 di NTT, yang sembuh 14 orang, yang dirawat 77 sedang dirawat, dan 1 meninggal dunia.

Domi Mere mengaku, sejak pagi tadi, pesawat yang dicarter Pemprov NTT sudah terbang ke Waingapu untuk mengambil specimen swab di sana dan ada lebih dari 100 specimen.

Demikian juga di Labuan Bajo untuk Flores bagian Barat.

“Saat ini pesawat sudah berada di Ende untuk mengangkut specimen swab dari Flores bagian Tengah dan Timur. Dan selanjutnya seluruh specimen swab itu akan dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang. Kita harapkan agar semua bisa berjalan dengan baik dan kebutuhan informasi atau kecepatan informasi untuk penanganan tracing dan lain-lain yang harus dilakukan oleh teman-teman di Kabupaten bisa lebih cepat. Ini hasil koordinasi yang baik antara teman-teman di Kabupaten dengan Provinsi dan RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang sebagai tempat untuk pemeriksaan swab di laboratorium biomolekuler RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang,” kata Domi Mere.

Domi menambahkan, tempat pemakaman pasien positif Covid-19 di Kota Kupang adalah di TPU Fatukoa.

“Itu menjadi kewenangannya Bapak Wali Kota Kupang,” pungkasnya. (ns/ns)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.