Jokowi di Sikka

sergap.id, MAUMERE – Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah berulang kali datang ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melihat dari dekat apa yang dibutuhkan oleh rakyat NTT.

“Saya sudah tidak bisa menghitung seberapa sering saya berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang saya ingat, pada kunjungan-kunjungan awal dulu, saya selalu menerima permintaan agar pemerintah membangun bendungan di provinsi ini. Dan itu betul, karena kunci kemakmuran NTT ini adalah air. Begitu ada air, semua bisa ditanam,” ujar Jokowi saat meresmikan bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Selasa (23/2/21).

Sebelumnya Jokowi meresmikan bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang pada tahun 2018, dan bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu pada tahun 2019.

Sementara 4 bendungan lainnya, kata Jokowi, sementara dalam proses pembangunan.

“Begitulah. Tidak tanggung-tanggung, tujuh bendungan kita bangun di berbagai lokasi di NTT, tiga di antaranya telah selesai. Hari ini saya datang untuk meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka. Ini bendungan ketiga setelah Bendungan Raknamo dan Bendungan Rotiklot. Empat bendungan lain sedang dalam proses pembangunan,” tegasnya.

Bendungan Napun Gete yang dibangun sejak akhir 2016 memiliki kapasitas tampung hingga 11,22 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 99,78 hektare. Bendungan ini akan menjadi sumber pengairan irigasi untuk sekitar 300 hektare sawah di sekitarnya. Selain itu, Bendungan Napun Gete juga dapat menjadi sumber air baku dan berpotensi menghasilkan listrik.

“Saya berharap bendungan-bendungan yang dibangun di NTT ini dapat memacu produktivitas sektor pertanian dan peternakan NTT, sekaligus mengangkat NTT dari ketertinggalan,” tutupnya. (bl/bl)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here