Tour de Flores Etape ke 4 Mbay - Borong.

sergapntt.com. Id, MBAY – Edgar Nohales NIETO, pembalap asal Spanyol besutan 7 Eleven Cycling Team (Filipina) keluar sebagai juara etape ke 4 Tour de Flores (TdF).

Edgar finis dengan catatan waktu 4 jam 47 menit 29 detik.

Juara Umum TdF 2016, Daniel Whitehouse berhasil finis di posisi kedua. Pembalap berkebangsaan Inggris dari CCN Cycling Team (Laos) tersebut, kurang dari sedetik di belakang Nieto.

Peringkat tiga diraih rekan setim Whitehouse, Samuel Volkers asal Australia dengan selisih +00:53 dari Nieto.

“Saya sangat senang sekali,” kata Nieto usai menuntaskan etape sejauh 170,9 kilometer dari Mbay, Kabupaten Nagekeo, menuju Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Senin (17/7).

Etape ini merupakan rute terpanjang di tur kali ini. Start dimulai pukul 09:00 WITA, Senin (17/7), di Jalan Soekarno Hatta. Garis finis di Jalan Borong Gemur, depan sekolah Ranaloba, Borong.

“Mungkin kalian kira saya hanya berjuang di 1 kilometer terakhir, tapi bagi saya, saya berjuang sepanjang 170 kilometer,” ucap Nieto.

Sebanyak 67 pembalap menjalani etape keempat, berkurang empat dari 71 pembalap etape sebelumnya.

Sejak awal lomba, Nieto dan Whitehouse berusaha memisahkan diri dari peleton. Mereka didampingi pembalap asal Korea Selatan (Korsel) Hyosuk Gong dari Terengganu Cycling Team (Malaysia). Dalam 50 kilometer pertama, Nieto sempat memimpin empat pembalap yang melaju di depan. Selisih waktu mereka dengan peleton melebar sampai 11 menit.

Setelah turunan sepanjang 34 kilometer dengan 311 kelokan tajam antara Bajawa dan Aimere, kelompok pengejar mulai memisahkan diri dari peloton untuk mempersempit jarak ke para pembalap di depan. Namun mereka tidak mampu menembus dominasi Nieto dan Whitehouse yang terus bersaing sampai garis finis.

Manajer tim 7 Eleven Ricardo Rodriguez mengungkapkan, etape keempat memang cukup menantang.

“Ini etape yang panjang dan susah. Medannya berbahaya,” kata Rodriguez, mengomentari turunan ke Aimere.

Meski begitu, sejak awal balapan, ia optimistis timnya meraih hasil terbaik.

“Dari awal kami sudah yakin, seharusnya menangnya kemarin,” tandasnya. Pembalap New Zealand Nick Miller tertinggal cukup jauh dalam lomba hari ini, sehingga ia harus rela menyerahkan jaket kuning, yang dipakainya sejak etape kedua, kepada pemimpin klasemen sementara,Thomas Lebas (Prancis) dari Kinan Cycling Team (Jepang).

Para pembalap masih akan mengikuti etape kelima Borong-Ruteng yang berjarak 55,5 kilometer, rute terpendek di TdF 2017, dengan rute seremonial 9,4 km, Selasa (18/7). (Sherif Goa)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.