Plt Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday
Plt Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday.

sergap.id, LEWOLEBA –  Plt Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday, mengatakan, ada beberapa prioritas yang akan dilakukan dimasa kepemimpinannya, diantaranya penataan birokrasi, memastikan pasokan BBM ke Lembata agar masyarakat tidak antri BBM, dan menata perwajahan Lewoleba sebagai ibu kota Kabupaten Lembata.

“Saya ingin menjadikan ini sebuah legasi (warisan) kedepan. Saya akan menghidupkan kembali peran Baperjakat. Saya akan menghidupkan kembali peran Asisten. Sehingga Sekda bisa leluasa, dan Sekda bisa menjadi tukang masak yang paling ahli (mengelola APBD). Memang keputusan terakhir ada di saya, tapi mereka semua yang harus mengelola, meramu semua bumbu ini, sehingga masyarakat makannya enak,” ujar Langoday kepada wartawan di Lewoleba, Rabu (21/7/21).

“Birokrasi tidak boleh carut marut. Yang kemarin dinonjobkan, saya minta Sekda merangkul mereka kembali. Ini anak Lewotana semua. Orang-orang mampu semua. Tempatkan mereka pada tempatnya. Tidak ada orang yang sempurna, mulai dari saya sampai staf yang paling bawah. Mari kita bersatu dan melihat orang dari sisi positifnya. Karena itu pacu mereka untuk bisa bekerja dalam struktur,” tegasnya.

Langoday memastikan dalam masa kepemimpinannya juga tidak ada aksi balas dendam atau balas jasa, semua harus bekerja profesional untuk rakyat.

“Untuk apa balas dendam. Kita semua ini anak Lewotana. Kita anak Tuhan semua. Apa untungnya membalas dendam. Di birokrasi, para asisten itu sudah dibagi tugas untuk tangani berapa OPD. Saya minta mereka konsentrasi di OPDnya masing-masing. Laporkan ke Pak Sekda. Tidak ada Kepala OPD yang tidak melalui Asisten, tidak melalui Sekda, oh saya langsung ke Bupati. Oh itu tidak ada. Kita bekerja dalam satu struktur. Kecuali ada hal-hal yang emergensi. Kalau melompati struktur, itu salah. Mari kita letakan dasar yang baik ini. Bukan untuk kita. Kita ini sudah umur 40 50 an. Tinggal tunggu mati saja. Mari kita optimal menggunakan kesempatan ini untuk membuat perubahan di Lembata. Untuk anak cucu kita.  Kita butuh energi baru untuk melayani,” ucapnya.

Selain penataan birokrasi, Langoday berkomitmen meniadakan kemacetan di depan Rumah Jabatan Wakil Bupati Lembata akibat antrian BBM.

“Pasokan BBM (ke Lembata) harus lancar. Ini penderitaan masyarakat selama ini. Siapa pun tentu punya penantian yang sangat segera, kapan masyarakat kita ini bisa menikmati BBM yang tecukupi. Ini harapan kita semua,” ucapnya.

“Selain itu, penataan kota sekarang sedang dilakukan. Kalau memungkinkan kita mendahului perubahan. Kita tata wajah kota ini. Selain infrastruktur jalan, penataan lorong-lorongnya, lampu jalan, juga pelabuhan kita, sehingga Lewoleba ini ada wajah kota,” pungkasnya. (pil/fir)

1 COMMENT

  1. Semangat Pak Thom, jadilah pribadi seperti yang bapak tuliskan bahwa ” PEMIMPIN YANG BAIK ADALAH PEMIMPIN YANG PUNYA SIKAP NEGARAWAN BUKAN PEMIMPIN POLITISI” artinya tugas bpak bukan untuk menabung harta tuk periode berikut (jika ingin figt lagi) tetapi tugas bpk Thom adalah mnngatur hajat hidup masyrakat Lembata. Sy sangat bangga saat ini mantan Dosen kami telah menjadi orang nomor 1 di Lembata…semngt bpk..

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here