Pelaku perjalanan jarak jauh dalam negeri wajib memenuhi syarat vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.
Pelaku perjalanan jarak jauh dalam negeri wajib memenuhi syarat vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

sergap.id, JAKARTA – Penerapan PPKM Level 3 untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) tidak diberlakukan, tapi syarat perjalanan jauh diperketat.

Demikian disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah menjelang momen Nataru.

Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini. Namun penerapannya diiringi dengan beberapa pengetatan. Termasuk pengetatan syarat perjalanan.

“Syarat perjalanan akan diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri. Namun kebijakan PPKM di masa Nataru akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan,” ujar Luhut dalam keterangannya, Selasa (7/12/2021).

Selama Nataru, lanjut Luhut, pelaku perjalanan jarak jauh dalam negeri wajib memenuhi syarat vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara untuk yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap ataupun tidak bisa divaksin karena alasan medis, tidak diizinkan untuk bepergian jarak jauh.

Sedangkan anak-anak juga dapat melakukan perjalanan, namun dengan syarat yang ketat. Syaratnya adalah telah melakukan PCR yang berlaku 3×24 jam untuk perjalanan udara atau antigen 1×24 jam untuk perjalanan darat atau laut.

Pemerintah pun menerapkan pelarangan seluruh jenis perayaan Tahun Baru di hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata, dan tempat keramaian umum lainnya. Sementara untuk operasional pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, dan tempat wisata hanya diizinkan dengan kapasitas maksimal 75% dan hanya untuk orang dengan kategori hijau di aplikasi Peduli Lindungi.

Kemudian, perbatasan Indonesia akan tetap diperketat dengan syarat untuk penumpang dari luar negeri adalah hasil tes PCR negatif maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan, serta melakukan karantina selama 10 hari di Indonesia.

BACA JUGA: Alasan Pembatalan PPKM Selama Liburan Natal dan Tahun Baru.(pel/pel)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here