Kristo Loko
Kristo Loko

sergap.id, KUPANG – Ini ungkapan hati Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kabupaten Ngada periode 2020-2025, Kristoforus Loko yang disampaikan kepada SERGAP via WhatsApp, Jumat, 11 September 2020.

Berikut pernyataan lengkap Bacabup yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) itu:

Para relawan Credo yang sangat membanggakan,  ijinkanlah saya sebagai Calon Bupatimu,  meski sedang menjalani masa karantina sesuai protokol kesehatan,  saya ingin menyapamu semua Relawan Credo yang hebat karena militansi dan ketulusanmu bekerja, berjuang meyakinkan rakyat dari rumah ke rumah,  dari pondok ke pondok dan dari kampung ke kampung (to wind the heart and the mind of people of Ngada)  demi menghantar Kristo Loko-Eman Dopo (CREDO) menjadi pemimpin Ngada 5 tahun ke depan.

Saya benar-benar bangga dan terharu punya relawan yang luar biasa militansinya.  Saya ingin menyapamu semua dengan pikiran-pikiran berikut ini:

Puji Tuhan keadaan saya sehat dan baik-baik saja.  Saya fokus dengan urusan pemulihan stamina dan kesehatan saya.  Puji Tuhan pelayanan dan kerahaman pihak Rumah Sakit Wirasakti Kupang luar biasa prima dan menyenangkan.

Saya menjadikan kesempatan karantina ini semacam kesempatan “ret-ret” seperti di seminari dan di Ritapiret dulu yang didisi dengan doa pribadi,  baca-baca buku untuk menambah wawasan soal kepribadian,  politik dan kepemimpinan,  tidur yang cukup, makan minum yang teratur,  dan cuci pakaian sendiri (maklum ana bujangan… he he he… yah duren la.. kata Dus Sie duda kerenn…).

Saya menikmati dan mensyukuri suasana ini.  Saya selalu percaya bahwa setiap anak manusia dalam sejarah hidupnya sudah diatur dengan salib, cobaan dan tantangan masing-masing. Cobaan saya memang bertubi-tubi.  Tapi saya tahu Tuhan mencobai saya karena Dia mahatahu saya bisa memikulnya.

Salib Tuhan itu selalu manis rasanya.  Salib Tuhan itu selalu memberi hikmah tak ternilai asalkan kita sanggup berefleksi.  Kata Socrates,  nenek moyang para filsuf di Yunani dulu: “hidup yang tidak direfleksikan,  tidak layak untuk dihidupi.”

Kepada yang beriman Katolik kita harus yakin bahwa kita tidak akan merayakan kemuliaan Paskah yang gilang gemilang kalau kita tidak menempuh jalan salib (via dolorosa).  Setelah cobaan salib ini, yakinlah Tuhan akan memberikan kepada kita kekuataan baru dan energi baru untuk perjuangan selanjutnya demi mewujudkan Ngada yang Lebih Hebat,  di mana saya dan pak Eman akan mendedikasikan diri total dengan segala energi kehidupan, akal dan pikiran, bakat dan kemampuan kami,  demi  terwujudkan kehidupan rakyat Ngada yang sejahtera,  berkeadilan dan manusiawi.

Saya harus berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kerja keras,  pengorbanan dan  kegigihan relawan Credo di seluruh wilayah Kabupaten Ngada. Kami tidak pernah memberimu uang bensin,  uang rokok,  uang jalan,  dan lain-lain, tetapi sebaliknya kamu mengorbankan waktu,  tenaga,  pikiran, harta dan bahkan uang untuk MEMBIAYAI PERTEMUAN KAMI DI SETIAP TITIK PERTEMUAN. Saya dan pak Eman hampir kehabisan kata menyampaikan TERIMA KASIH,  TERIMA KASIH,  TERIMA KASIH DAN RASA HORMAT kepadamu semua.

Kami teringat kata-kata Mantan Presiden Amerika Barrack Obama : pada esensi demokrasi yang sejati sesungguhnya bukan pemimpin yang membeli rakyat dengan uang dan lain-lain,  tetapi rakyat yang membeli pemimpin dengan uangnya dan apa yang ada padanya agar mereka dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar merakyat dan bisa mencurahkan seluruh energy hidupnya menyelesaikan problem hidup rakyat.

Untuk para relawan Credo setanah Ngada saya serukan utk terus berjuang dan jangan pernah surut krn kita sedang berada di jalan yang benar menggapai misi mulia demi Ngada tercinta.  CREDO sangat siap mewujudkannya.

Sesuai undang-undang dan ketentuan KPU,  saya perlu menguatkan kita semua bahwa Covid-19 yang terpapar pada calon bupati atau wakil bupati tidak bisa menjadi alasan untuk membatalkan dan menggugurkannya sebagai PESERTA PILKADA.

Kalau ada segelintir pihak yg menjadikan penderitaan saya karena terpapar Covid-19 sebagai isu politik untuk memojokkan dan melecehkan saya dan para relawan semua,  dengan rendah hati saya ucapkan TERIMA KASIH dan saya MAAFKAN dengan tulus hati, tetapi pada sejatinya covid-19 adalah wabah pandemik dunia yang selama pemerintah belum menemukan obat dan vaksinnya bisa kena pada semua orang.

Saya tidak pernah memintanya.  Saya sudah dengan serius mengikuti protokol kesehatan dengan pakai masker ke mana saja saya pergi,  pakai hand sanitizer,  cuci tangan dengan sabun,  klo bertatap muka dengan rakyat selalu relawan membagi masker dan wajib mengenakannya,  tetapi yah mau bilang apa cobaan wabah itu datang menimpa saya.  Saya terima dengan penuh syukur, ikhlas dan gembira.

Sebagai seorang politisi saya menganut prinsip persaingan politik yang fair: ingin menang secara terhormat tanpa menciderai pihak lain dengan mengutamakan pertarungan gagasan,  visi misi dan program kerja membangun Ngada 5 tahun ke depan,  biarkan RAKYAT NGADA YANG MEMILAH DAN MEMILIH Pada HARI H 09 DESEMBER 2020. Kami juga siap kalah secara bermartabat klo Tuhan belum berkehendak dan rakyat Ngada belum beri kami kepercayaan.

Mari kita bangun demokrasi Ngada dengan persaudaraan,  kebebasan dan kesetaraan.  Politik hanya 5 tahun,  tapi persahabatan dan kekeluargaan kita yang abadi.

Melalui media ini saya mengajak kepada para relawan Credo di seluruh wilayah Kabupaten Ngada,  terus kobarkan api perjuanganmu,  terus gelorakan idealismemu demi mewujudkan NGADA YANG LEBIH HEBAT,   tidak boleh kendor semangatmu.  Mohon doanya agar pada waktunya kita bersama-sama dengan persaudaraan dan soliditas tinggi ke lapangan mengibarkan panji cita-cita perjuangan CREDO di seluruh tanah Ngada.

Saya yakin selama niat kami dan semua relawan baik,  maka Tuhan pasti memberkati dan para leluhur merestui.

TUHAN MEMBERKATI. Salam hormat dan Salam CREDO. Kupang  11 September 2020, Saya sahabat dan saudaramu, KRISTOFORUS LOKO. (KL/KL)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.