Home Daerah Alor Telkom dan Kominfo Kembangkan Jaringan Pariwisata dari Labuan Bajo Hingga Alor

Telkom dan Kominfo Kembangkan Jaringan Pariwisata dari Labuan Bajo Hingga Alor

Labuan Bajo didahulukan mendapat layanan 5G karena Labuan Bajo merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia saat ini.
Labuan Bajo didahulukan mendapat layanan 5G karena Labuan Bajo merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia saat ini.

sergap.id, JAKARTA – PT Telkom Indonesia bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo bekerja sama mengembangkan Jaringan Pariwisata (JP) Hub di lima destinasi super prioritas Indonesia.

JP Hub ditunjang oleh Wonderin.id, platform digital untuk travel dan tourism Indonesia yang dikembangkan Telkom.

Kehadiran JP Hub untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata. Tujuan kerja sama ini untuk mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Indonesia.

Ruang lingkup kerja sama meliputi pelatihan dan pendampingan pelaku pariwisata dalam digitalisasi sektor akomodasi, tempat wisata, dan paket wisata.

Program ini dimulai dari lokasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, yang merupakan destinasi pariwisata super premium yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya akan ada 10 kabupaten di NTT menjadi target pelaksanaan digitalisasi (onboarding) ini, yakni Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Lembata, Flores Timur, dan Alor.

Direktur BAKTI, Anang Latief, mengatakan, selain melakukan pemerataan infrastruktur terutama di daerah terdepan, terluar, dan terpencil, serta daerah yang masih belum memiliki akses telekomunikasi, BAKTI Kemenkominfo juga melakukan pengembangan ekosistem digital.

“Salah satunya kerja sama dengan Telkom tidak hanya terbatas menyediakan koneksi telekomunikasi, namun juga memberikan nilai tambah dalam bentuk kemampuan digital untuk menunjang ekonomi masyarakat khususnya terkait pariwisata,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/5/2021).

Sementara itu SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menjelaskan Telkom terus berinisiatif mengambil peran terdepan dalam memastikan adopsi pemanfaatan teknologi berbasis digital untuk mendorong pemulihan perekonomian, termasuk industri pariwisata. Melalui Wonderin.id, pihaknya juga akan senantiasa mendorong upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai proses digitalisasi yang lebih baik ke depannya.

“Pelatihan ini diharapkan menjadi kegiatan interaktif yang mampu memfasilitasi para pemilik usaha untuk mengembangkan potensi bisnisnya berbekal transformasi digital yang diterapkan secara holistis. Diharapkan, layanan ini akan mempermudah proses pengelolaan hingga penjualan sehingga berbagai pengelola bisnis wisata dapat terus bergerak maju mengikuti perkembangan terkini. Kami meyakini dengan adanya digitalisasi akan menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” kata Reza.

Sebagai informasi, Wonderin.id adalah platform digital besutan Telkom yang menjadi solusi teknologi untuk mendorong pengembangan ekosistem pariwisata.

Platform ini menghadirkan layanan unggulan yang mencakup XGDS (global distribution system) untuk membangun jembatan serta jaringan yang kuat dengan mitra pariwisata dalam memasarkan produk dan layanan, menyederhanakan akses distribusi serta informasi dan analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi para mitra.

Sebelumnya, Wonderin.id juga telah bekerja sama dengan BUMN dan para pelaku wisata.

Wonderin.id terus memperkuat perannya dalam mendampingi para pelaku UMKM untuk menjadi penggerak utama pertumbuhan perekonomian pariwisata nasional dan kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. (sp/sp)

Tidak Ada Komentar

KOMENTAR ANDA?

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version