Kasat Reskrim Polres Nagekeo, Ipda. Rifai, SH
Kasat Reskrim Polres Nagekeo, Ipda. Rifai, SH.

sergap.id, MBAY – Dua pria berinisial MB, umur 54 tahun, dan YR umur 38 tahun, warga Desa Watuapi, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo, dilaporkan ke polisi karena menipu dan menggelapkan uang sebesar Rp 1,1 miliar.

MB dan YR dilaporkan oleh lima warga lain di desanya, karena menipu dan menggelapkan dana kompensasi Sutet sebesar Rp 1.179.000.000.

Kapolres Nagekeo melalui Kasat Reskrim Polres Nagekeo, Iptu. Rifai, SH, mengatakan, modus yang dipakai oleh kedua pelaku dalam aksi kejahatan itu adalah membujuk korban yang lahannya akan dilewati jaringan Sutet, dan pelaku meyakinkan korban bahwa untuk urusan ganti lahan, pelaku yang akan langsung berurusan dengan PLN Cabang Ende.

Para korban itu adalah para orang tua yang tidak pernah mengenyam pendidikan, sehingga mudah diperdayai pelaku.

Kedua pelaku juga meminta korban untuk memberikan kuasa secara tertulis, dengan dalih agar dalam urusan administrasi di PLN Ende nanti tidak tersendat. Namun ketika pencairan uang, pelaku menggunakan nomor rekening milik pelaku sendiri.

“Pada saat dana sudah masuk ke rekening, pelaku tidak memberitahu kepada korban, malah uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi,” beber Rifai kepada SERGAP, Kamis 5 Juli 2021.

Selain saksi korban, kata Rifai, pihaknya juga telah memeriksa saksi dari PLN Cabang Ende.

Para pelaku dikenakan pasal 372 KUHP Pidana Junto pasal 55 yang berbunyi: barangsiapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.

“Berkas saksi (PLN Ende) dan korban sudah lengkap. Para pelaku akan kita panggil untuk dimintai keterangan. Tidak menutup kemungkinan, setelah diperiksa, para pelaku langsung kita tahan,” tutup Rifai. (sg/sg)

KOMENTAR ANDA?

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini