Plt Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday.
Plt Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday.

sergap.id, ILE APE – Berkas usulan penetapan pemberhentian Bupati Lembata masa jabatan 2017-2022 dan usulan penetapan pengangkatan Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, menjadi Bupati Lembata, telah dikirim ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur NTT.

Informasi yang dihimpun SERGAP pada Minggu (25/7/21) siang, menyebutkan, kini berkas usulan pengangkatan Wakil Bupati Lembata telah diterima oleh Biro Tata Pemerintahan (Tata Pem) Setda Provinsi NTT untuk selanjutnya diteruskan ke Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Mendagri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

BACA JUGA: Wakil Bupati Lembata Jalankan Tugas Bupati

Selain Berita Acara Sidang Paripurna DPRD Lembata ke VII tentang pemberhentian Bupati Lembata dan pengangkatan Wakil Bupati menjadi Bupati Lembata, dalam berkas usulan itu juga dilampirkan surat keterangan kematian Bupati Lembata, almarhum Eliaser Yentji Sunur.

Sekda Lembata, Paskalis Ola Tapobali, yang dihubungi SERGAP per telp WhatsApp, Minggu (25/7/21) sore, membenarkan jika berkas usulan pergantian Bupati Lembata telah dikirim ke Tata Pem.

“Soft copy sudah kita serahkan. Sedangkan hard copynya, besok staf kita sudah sampai di Kupang, sehingga langsung menyerahkan (ke Tata Pem),” ujarnya.

Hal yang sama dibenarkan juga oleh Karo Tata Pem, Doris Rihi, ketika dihubung SERGAP per telepon, Minggu sore.

“Iya, Soft Copynya sudah diterima,” ucapnya.

Menurut dia, jika usulan penetapan Bupati Lembata sudah diserahkan dan ditandatangani oleh Mendagri, maka bisa saja pelantikan Bupati Lembata dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 28 Juli 2021.

“Tapi semua tergantung Pak Mendagri,” pungkasnya. (pil/pht)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here