Rumah Sakit Daerah Aeramo, Kabupaten Nagekeo.

sergap.id, AERAMO – Rumah Sakit Daerah (RSD) Aeramo, Kabupaten Nagekeo, bakal diresmikan oleh Bupati Elias Djo pada hari Jumat (8/12/17) besok, bertepatan dengan HUT Kabupaten Nagekeo yang ke 11.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo, Drg. Ellya Dewi, MPh, mengatakan, dari sisi ijin operasional dan kesiapan lapangan, RSD Aeramo telah sangat siap beroperasi.

“Minggu lalu kami melakukan konsultasi ke Dinas Kesehatan Propinsi NTT terkait ijin operasional Rumah Sakit, dan hasilnya  adalah Rumah Sakit Aeramo mendapat ijin operasi  kelas D Pratama sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor 24 Tahun 2014 tentang Rumah Sakit Kelas D Pratama,” papar Ellya kepada SERGAP.ID di Aeramo, Rabu (6/12/17).

Menurut Dewi, RSD Aeramo telah menyediakan 5 Dokter Umum, 1 Dokter Gigi, 1 Dokter Spesialis Bedah dan 121 orang tenaga medis, paramedis dan tenaga penunjang kesehatan lainnya.

Peralatan medis dan penunjang medis yang tersedia pun sudah sesuai dengan persyaratan yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2014, yakni  terdiri dari Isntalasi Gawat Darurat (IGD), Instalasi Rawat Jalan, Ruangan Tindakan (Bedah Sentral), Instalasi Rawat Inap, Radiologi, Laboratorium, Faramasi, Instalasi Gizi, Ruang Sterilisasi dan Loundry, Reka Medik, Administrasi/Manajemen.

adv@Pemkab Nagekeo

Sedangkan fasilitas gedung yang tersedia adalah gedung Rawat Jalan, gedung IGD, gedung Laboratorium, Gedung Radiologi, Gedung Rawat Inap (laki-laki, perempuan dan anak), gedung Verlos Kamer (ruang bersalin), Gedung ICU dan Kamar Operasi, Dapur, ruang Laundry, ruang Sterilisasi dan Instalasi Pengolahan Air Limbah( IPAL).

Team visitasi juga optimis bahwa RSD Aeramo bisa beroperasi selanjutnya dapat dikembangkan sesuai standart klasifikasi Rumah Sakit yang di atur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

“Kami berharap dukungan semua pihak agar kehadiran Rumah Sakit ini Aeramo mampu melayani masyarakat dengan baik dan memadai,” pinta Ellya.

adv@Pemkab Nagekeo

Ketua DPRD Nagekeo, Marselinus F. Ajo Bupu, berharap, kehadiran RSD Aeramo mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. “Saya harap pelayanan kepada publik lebih profesional,” tegasnya. (sg/sg)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.