Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (baju putih) bersama Bupati Ngada, Paulus Soliwoa.
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (baju putih) bersama Bupati Ngada, Paulus Soliwoa.

sergap.id, MALANUZA – Panitia Pembangunan Gedung SMKN 1 Golewa mulai membangun gedung SMKN 1 Golewa di lereng bukit Wolowuju, Hobosara, Desa Malanuza, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.

Pembangunan di atas lahan seluas 15.840 m2 tersebut ditandai dengan doa pemberkatan yang dipimpin oleh Romo Martinus Ua, Pr, dan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati Ngada, Paulus Soliwoa bersama tuan tanah, pada Kamis 9 Juli 2020.

Ketua Panitia Pembangunan Gedung SMK 1 Golewa, Andreas Kaju, menjelaskan, walau pembangunan gedung sekolah baru dimulai, namun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SMKN 1 Golewa telah berlangsung sejak 4 tahun lalu dengan dua program keahlian, yakni Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), serta Agrobisnis Ternak unggas Ruminansia.

“Sejak 4 tahun lalu, SMKN 1 Golewa merupakan sekolah kelas jauh dari SMKN 1 Aimere dengan 13 sekolah dukungan, yakni SMPN Satu Atam Rowa, SMPN 1 Golewa di Werw, SMPN 1 Golewa di Mangulewa, SMPN 2 Golewa di Boba, SMPN 3 Golewa di Warikeo, SMPN 4 Golewa di Hobosara, SMPN 5 Golewa di Paubuku, SMPN 6 Golewa di Uta Seko, SMP Citra Bakti Malanuza, SMP Supra Mataloko, SMP Kartini Mataloko, SMP Satu Atap 2 Deru Gawe, dan SMP St Hubertus Laja,” papar Andreas kepada SERGAP, Kamis (9/6/20).

Usai acara peletakan batu pertama, Bupati Ngada melakukan penggalangan dana dari warga dan para pejabat yang ikut hadir dalam acara tersebut. Hasilnya, terkumpul puluhan juta rupiah dan ratusan sak semen.

“Jika rencana sebelumnya gedung ini akan dibangun dengan konstruksi bangunan darurat, maka dengan terkumpulnya sumbangan ini, saya minta panitia rubah konstruksi darurat menjadi konstruksi permanen,” pinta Paulus yang langsung disanggupi Andreas dan kawan-kawan.

Lokasi pembangunan gedung SMKN 1 Golewa
Lokasi pembangunan gedung SMKN 1 Golewa

Menurut Paulus, kendati kewenangan membangun dan pengelolaan SMA/SMK adalah kewenangan Pemerintah Provinsi, namun pihaknya berkomitmen mendukung SMKN 1 Golewa menjadi sekolah model.

Apalagi kehadiran SMK ini memiliki nilai dan bagian dari upaya meningkatankan Sumber Daya Manusia, serta mendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Ngada. (red/red)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.