Peserta Forum E - Government , Lewoleba, Lembata, Rabu (18/4/18).

sergap.id, LEWOLEBA – Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi NTT mengikuti seminar dan diskusi penerapan E-Government di Leweoleba, Kabupaten Lembata, sejak Rabu (18/4/18) hingga Sabtu (21/4/18).

Kegiatan yang diselenggarakan di HoteL Palem ini dibuka oleh Plh Sekda Lembata, Atanasius Amuntoda SE, MM mewakili Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang berhalangan hadir.

Lebu Raya dalam sambutannya  yang dibacakan Amuntoda, meminta seluruh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Menurut dia, pemerintah pusat telah melakukan reformasi birokrasi yang mencakup delapan area perubahan, yaitu penataan di bidang kelembagaan, penataan ketatalaksanaan, penataan SDM aparatur, penataan perundang-undangan, akuntabilitas kinerja, pengawasan, pelayanan publik serta perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Reform (penataan kembali) tersebut membutuhkan sumberdaya yang mumpuni, koordinasi yang baik dengan berbagai kepentingan, membutuhkan dukungan fungsi, perencanaan, penganggaran, pengorganksasian dan sumber daya aparatur sebagai pelaksana kebijakan yang profesional dengan takaran efisien dan efektifitas pelaksanan tugas dan fungsi yang dipercayakan.

Karena itu, pemerintah memandang perlu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menerapkan e-government guna mendukung aktivitas-aktivitas diantaranya aktivitas internal pemerintah, pemberian pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat, pemberian pelayanan dari pemerintah kepada pelaku bisnis, pemberian pelayanan dari pemerintah kepada pekerja.

“Semoga implementasi E-Government (pemerintahan elektronik) sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang tertuang dalam RPJPD dan RPJMD yaitu melakukan reformasi birokrasi pemerintah yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Lebu Raya.

Lebu Raya juga mengajak semua komponen birokrasi untuk bekerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas untuk mewujutkan visi pembangunan Provinsi NTT yang maju, mandiri, adil dan makmur dalam bingkai NKRI.

Para Kadis Kominfo se NTT foto bersama.

Seminar dan diskusi E-Government ini bertujuan, pertama; menyatukan visi dan misi penerapan dan pengembangan e-government di provinsi dan kabupaten/kota se NTT. Kedua; membentuk forum e-government di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-NTT. Ketiga; adanya kesepakatan bersama antara provinsi dan kabupaten/kota se-NTT dalam rangka pengembangan e-government di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-NTT sebagai rekomendasi bersama.

Kegiatan seminar dan diskusi forum e-government  kali ini memiliki motto Penerapan e-government dalam rangka reformasi birokrasi yang baik dan bersih. (sl/sl)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.