Pantai Marosi, pasir dan ombaknya bikin ngemas. Yuk segera kesana, rasakan sensasinya!

sergap.id, MAROSI – Pantai merupakan sebuah lokasi yang cukup banyak dijadikan pilihan ketika kita berlibur di akhir pekan atau di masa-masa liburan panjang.

Sebab pantai menawarkan nuansa liburan yang kental dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan. Beruntunglah kita tinggal di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Karena memiliki garis pantai yang sangat panjang dan mempunyai keindahan masing-masing.

Dari sekian banyak lokasi pantai yang terkenal di NTT, terdapat Pantai Marosai yang keindahannya tak bisa diukir dengan kata-kata. Letaknya di Kabupaten Sumba Barat.

Keindahan Marosi merupakan sebuah hal yang tidak bisa dinafikan lagi, sebab bentang alamnya dibalut dengan keluhuran serta kearifan budaya masyarakat lokalnya merupakan sebuah karunia keindahan yang patut ditafakuri dan tentunya disyukuri dengan cara menikmatinya secara bijak.

Nama Marosi mungkin tak seterkenal beberapa nama pantai sedaerahnya seperti Nihi Watu atau Tarimbang, tetapi pantai ini memiliki keindahan yang justru patut disandingkan dengan banyak pantai-pantai indah lainnya, apalagi keindahannya belum terlalu banyak dijamah oleh orang-orang, tentunya hal tersebut menjadi sebuah nilai lebih bagi Marosi. Bahkan dalam kondisi teramainya pantai ini masih bisa dinikmati secara tenang dan nyaman.

Pantainya bersih dan putih, ombak lautannya biru dan sukup besar, desiran angin khas Sumba menerpa wajah dan tubuh anda ketika berada di sekitar pantai, inilah yang akan membuat anda merasa betah berlama-lama bercengkrama dengan alam indah buatan Tuhan bernama Marosi.

Ombak yang dimiliki oleh Marosi juga cukup bagus untuk dipakai selancar terlebih pada Bulan Mei hingga September. Keindahan dan keeksotisan ombak ini juga ternyata sudah tercium oleh banyak peselancar asing untuk datang berkunjung dan menjajal ombaknya yang bagus dan pemandangan alamnya yang teramat eksotis.

Tidak tertarik untuk surfing, pantai ini masih layak dijadikan tempat wisata, pantainya yang bersih dan putih akan menjadi tempat yang sangat nyaman bagi anda yang ingin berjemur menikmati sengatan matahari tropis, bahkan pasirnya yang dianggap paling putih dan bersih di Sumba ini membuat air lautnya senantiasa berwarna biru pekat nan indah.

Pasir pantainya memiliki tekstur yang cukup kasar dengan butiran butiran besar, namun justru dengan butiran besar dan kasar akan lebih mudah dibersihkan ketika anda terkena pasir tersebut.

Di beberapa bagian, anda juga akan menemukan jika pasir pantainya tersebut tidak terlalu padat sehingga mampu membenamkan kaki anda masuk ke dalam pasir pantai, mekipun demikian anda masih bisa tenang sebab hal tersebut tidak akan membahayakan, justru cenderung memberikan sensasi serta pengalaman tersendiri bagi anda selama mengeksplorasi lokasi ini.

Tak berhenti sampai pada pasirnya saja, anda juga akan menemukan rangkaian batu-batu karang yang ada di sisi pantai .Hal tersebut juga menjadi pemandangan tersendiri yang indah.

Sedangkan di sisi seberangnya terdapat hutan bakau yang masih terlihat alami dan sejuk. Anda tidak akan menemukan bangunan bangunan warung yang menjajakan makanan di sekitar Pantai Marosi, yang ada, anda hanya akan menmukan jajaran pohon kelapa yang tinggi menjulang dengan buah kelapa yang bisa dipetik dan dinikmati, biasanya oleh anak-anak sekitar yang bermain di Pantai Marosi.

Akses Transportasi Menuju Marosi

Batu kubur di atas perbukitan Lamboya.

Pantai Marosi berada di Kabupaten Sumba Barat, tepatnya di Kecamatan Lamboya. Untuk mencapai Kecamatan Lamboya khususnya Pantai Marosi, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua ataupun empat.

Jangan khawatir mengenai akses, sebab jika di beberapa wilayah Indonesia akses selalu menjadi permasalahan wisata, maka di Lamboya akses jalannya terbilang mulus dan lancar.

Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi namun tidak memiliki atau tidak berniat membawa kendaraan pribadi, maka cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan jasa penyewaan mobil, sebab angkutan umum belum ada yang membuka jalur langsung menuju ke lokasi Pantai Marosi.

Penginapan Di Sekitar Marosi

Bagi anda yang ingin mencoba berwisata ke lokasi ini tidak mungkin anda hanya bisa menikmati keindahan alam yang mempesona tersebut hanya dalam satu hari saja, oleh karena itu cobalah untuk melakukan reservasi tempat menginap di sekitar area tersebut.

Sudah banyak tersedia homestay di sana dengan harga yang cukup bersaing dan terjangkau. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan, yakni fasilitas, jarak ke lokasi wisata yang ingin anda eksplorasi serta harga yang diberikan. Beberapa nama hotel terdekat yang bisa anda reservasi antara lain, Exotic Komodo Hotel, Bintang Flores Hotel, Pagi Hotel, EverGreen Homestay, dan beberapa penginapan serta hotel lainnya.

Tips Berwisata

Berniat berwisata dan merasakan keindahan alam dari Lamboya khususnya Pantai Marosi? Ada beberapa tips dan saran bagi anda ketika ingin berkunjung. Saran ini bisa anda ikuti dan sesuaikan dengan kebutuhan liburan anda selama berada di Lamboya dan sekitarnya. Berikut adalah tips dan saran yang bisa anda lakukan.

Jika ingin mengunjungi Sumba Barat khususnya Lamboya, Pantai Marosi maka cobalah cari waktu-waktu yang sesuai, di mana anda yang ingin mencoba berselancar bisa datang pada Bulan Mei hingga September sebab ombaknya akan optimal pada waktu tersebut.

Bagi anda yang ingin sekaligus menyaksikan Pasola atau lempar lembing sembari berkuda khas Sumba, maka cobalah untuk mencari informasi terlebih dahulu, sebab dengan waktu yang tepat anda bisa merasakan keoptimalan wisata dengan suguhan atraksi wisata yang beragam.

Cobalah menjaga keindahan dan kebersihan alam sekitar, sebab jika dilihat masyarakat sekitar kesadaran akan kebersihanya masih kurang, maka sebaiknya kita tidak ikut-ikutan membudayakan kebiasaan buruk tersebut. Jadilah wisatawan yang bertanggung jawab terhadap alam sekitar.

Mari mengunjungi Sumba dan indahnya Pantai Marosi. Ajak teman-anda dengan cara share artikelnya, dan jangan lupa untuk memberikan komentar mengenai keindahan dan keragaman budayanya yang sangat mengesankan. (KM)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.