Selain memiliki destinasi wisata yang keren, Sumba juga memiliki budaya yang unik dan sayang jika tidak menyaksikannya.

sergap.id, SAVANA – Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki berbagai panorama alam yang sangat memukau. Anda ingin berakhir pekan ke Bali sekedar melihat keindahan pantainya?

Sebaiknya urungkan niat Anda dari sekarang jika Anda ingin berlibur ke luar Provinsi NTT hanya untuk menikmati keindahan alam, ombak dan pasir putih. Sebab di NTT sendiri miliki dunia wisata yang keren-keren.

Tidak percaya? Berikut keindahan wisata yang ada di Pulau Sumba dan sangat layak untuk anda kunjungi:

  1. Pantai Tarimbang, Sumba Timur.
Wisata terbaik di Pulau Sumba

Terletak di Kecamatan Tabundung, Sumba Timur, pantai ini akan memberikan nuansa yang unik. Air yang berwarna biru bening, pasri putih serta tebing-tebing besar menjadikan Pantai Tarimbang sangat cocok untuk menjadi tempat rehat dari rutinitas yang sangat padat.

  1. Air Terjun Matayangu, Sumba Tengah.
Wisata terbaik di Pulau Sumba

Selain keindahan pantai, Sumba juga menyimpan pesona air terjun yang menawan di Desa Waimanu, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah. Air terjun Matayangu ini sangat populer lho di kalangan turis mancanegara.

  1. Pantai Walakiri.
Wisata terbaik di Pulau Sumba

Kalau kamu mengikuti akun Instagram produser film Mira Lesmana maka kamu tentu tidak asing dengan foto-foto keindahan Pantai Walakiri yang ada di Desa Watumbaka, kecamatan Pandawai, Sumba Timur. Kamu bisa menikmati sunset terbaik di Sumba saat berada di Pantai Walakiri.

4. Pantai Waikelo, Sumba Barat.

Wisata terbaik di Pulau Sumba

Berada di Desa Rada Mata, Sumba Barat, pantai ini banyak diburu oleh para pelancong. Pantai ini memiliki air yang tenang dan pasir yang sangat bersih.

5. Danau Weekuri, Sumba Barat.

Wisata terbaik di Pulau Sumba

Danau Weekuri, Sumba Barat adalah surga tersembunyi di NTT. Keunikan danau ini adalah airnya yang asin, jika biasanya air danau akan terasa tawar maka Weekuri pengecualian. Selain itu pecinta adventure pasti suka banget deh ke tempat ini karena menantang adrenalin sebab hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki atau kendaraan roda dua.

6. Bukit Warinding, Sumba Timur.

Wisata terbaik di Pulau Sumba

Kamu ingat salah satu adegan berkuda Nicholas Saputra di film Pendekar Tongkat Emas? Ya, film Pendekar Tongkat Emas menghadirkan keindahan Bukit Warinding. Perbukitan hijau yang membentang ini dapat diakses dari ibukota Sumba Timur, Waingapu menuju ke Waikabukak. Bukit ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga tercinta.

7. Pantai Pero, Sumba Barat.

Wisata terbaik di Pulau Sumba

Berada di Desa Pero Kodi, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat. Pantai Pero adalah surga bagi pecinta olahraga surfing.

8. Mauhau, Sumba Timur.

Wisata terbaik di Pulau Sumba

Jika berkunjung ke Sumba Timur maka kamu harus menyempatkan untuk menyaksikan keindahan alam Mauhau. Udara yang segar dan savana yang membentang menjadi panorama yang sangat luar biasa.

9. Desa Adat Rende, Sumba Timur.

Wisata terbaik di Pulau Sumba

Selain wisata pantai, kamu juga bisa mengunjungi Desa Adat Rende yang terletak di Desa Rende, Sumba Timur. Butuh waktu berkisar 30 menit dari kota Wangaipu, ibukota Sumba Timur untuk sampai ke desa tersebut yang akan memperlihatkan kehidupan masyarakat yang menganut keyakinan Marapu serta berbagai rumah adat dan tenun hasil karya masyarakat setempat.

10. Pantai Mandorak, Sumba Barat.

Wisata terbaik di Pulau Sumba

Sumba adalah surganya pantai dengan pasir putih yang memukau salah satunya adalah Pantai Mandorak. Pantai yang terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat. Aksesnya sendiri sekitar 45 menit dari Tambaloka ibu kota Sumba Barat. Pastikan kamu menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini jika sedang berada di NTT. (Brilio)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.