Prof. Dr. Andreas Lako, M.Si

sergap.id, KUPANG – Prof. Dr. Andreas Lako, M.Si ternyata juga membuat penilaian terhadap kinerja Bupati Kabupaten Ngada Marianus Sae. Menurut dia, Marianus Sae adalah pemimpin yang berpikir dan bertindak besar.

Penilaian Prof Andreas tersebut telah dia tulis di Majalah LUAR BIASA edisi Pebruari 2015, hlm 62 – 63. Isinya adalah penilaian dan refleksi kritisnya terhadap kualitas, kinerja serta dampak kepemimpinan Marianus Sae selama periode 2010 – 2015.

“Saya mulai mengenal MS secara pribadi sejak Juli 2011, yaitu ketika beliau dan pimpinan SKPD Ngada mengundang dan menerima saya di rumah dinas Bupati sebagai bentuk apresiasi Pemda terhadap putra daerah yang telah berhasil mencapai guru besar. Tahun 2012 – 2015, beliau meminta saya untuk menjadi konsultan pembangunan dan keuangan daerah Ngada, sehingga membuat saya sering berinterksi dengan beliau dan mengenal secara lebih mendalam kinerja pembangunan Ngada dari sisi angka-  angka ekonomi,” papar Prof Andreas.

“Dari hasil interaksi dengan beliau, dan juga mencermati hasil reformasi/terobosan-terobosan pak Marianus dalam tatakelola pemerintahan, tatakelola keuangan dan tatakelola pembangunan daerah yang terefleksi dalam peningkatan nilai dan tingkat pertumbuhan dari sektor-sektor PDRB serta penggunaannya, serta juga peningkatan Opini Audit Kewajaran tatakelola BPK, serta implikasinya terhadap peningkatan kesejahteraan sosial – ekonomi masyarakat dan kemajuan daerah selama 2011-2015, maka saya berkesimpulan bahwa pak Marianus termasuk Pemimpin Transformasional (Pemimpin Strategis) yang visioner, direktif, inkubatif dan partisipatif yang merakyat. Ia adalah Pemimpin yang BERPIKIR DAN BERTINDAK BESAR utk kemajuan daerah. Itu sebabnya, Ia terpilih kembali menjadi Bupati utk periode ke-2,” papar guru besar Fakultas Ekonomi & Bisnis Unika Soegijapranata itu.

Marianus Sae (paling kanan) ketika ditemui dua warga Kabupaten Ngada belum lama ini.

Saat ini, Marianus mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur NTT periode 2018 – 2023 dengan tekad mau membangun, memajukan dan menyejahterakan serta mengentaskan kemiskinan di NTT.

“Mencermati lompatan-lompatan kemajuan pembangunan di Kabupaten Ngada di bawah kepemimpinan Marianus selama periode 2010 – 2017 dan masih tertinggalnya mayoritas kabupaten di NTT dalam sejumlah hal, maka saya menilai keputusan pak Marianus maju menjadi NTT 1 sudah tepat,” kata Prof Andreas.

“Pak Marianus layak dan pantas di dukung oleh rakyat NTT untuk menjadi NTT 1, karena Ia adalah tipikal pemimpin yang berpikir dan bertindak besar demi kemajuan daerah dan kepentingan rakyat. Saya yakin, Ia akan mewujudkan tekadnya untuk memajukan NTT dan menyejahterakan NTT apabila diberi kesempatan memimpin,” kata Prof Andreas. (El/El)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.