jembatan yang menghubungkan ruas jalan pantai utara Pulau Flores, Mbay (Nagekeo) – Maumere (Sikka) ini baru dikerjakan pada tahun 2016

sergap.id, KABUREA – Konstruksi yang buruk dan material yang tidak kokoh diduga menjadi penyebab robohnya sayap jembatan Nanganighi ke dasar sungai.

Padahal jembatan yang menghubungkan ruas jalan pantai utara Pulau Flores, Mbay (Nagekeo) – Maumere (Sikka) ini baru dikerjakan pada tahun 2016 menggunakan APBD I senilai RP 2.686.000.000.

Jembatan yang dikerjakan oleh Heng Kosmas, PT Bina Citra Teknik Cahaya itu terletak di Desa Tendakinde, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo.

Latani, 56 tahun, salah satu warga Dusun Kaburea, Desa Tendakinde, mengaku, dirinya selalu memantau pengerjaan jembatan sejak awal, dan banyak kejanggalan yang dilihatnya.

“Pada saat pekerjaan jembatan tersebut, saya sering datang lihat dan ngobrol dengan beberapa pekerja. Memang saya bukan orang teknis, akan tetapi dari sisi material saya lihat sudah tidak layak,” katanya.

“Untuk pekerjaan dasar jembatan, campuran lebih banyak pasir daripada semen, dan besi yang di gunakan untuk mengikat campuran tidak sesuai spek,” ucapnya.

Latani mengatakan, dirinya juga melihat saat pengecoran sayap jembatan. “Besi beton yang di pasang jaraknya jauh-jauh, mungkin ini yang menjadi penyebab robohnya sayap jembatan,” ujarnya.

Menurut Latani, keberadaan jembatan ini sangat vital. Sebab jembatan ini menjadi satu-satunya sarana penghubung antara Mbay dan Maumere.

“Bisa juga rubuhnya sayap jembatan ini akibat getaran kendaraan besar yang melintasi. Tapi jika di kerjakan sesuai speck, saya yakin tidak akan terjadi seperti ini. Ini kalau tidak cepat di perbaiki, dalam waktu dekat bisa-bisa badan jembatan juga ikut roboh,” beber Latani.

Latani, 56 tahun, warga Dusun Kaburea, Desa Tendakinde, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo.

Selain sayap jembatan, tembok penopang jembatan juga terlihat sudah retak-retak.

Latani berharap pemerintah provinsi NTT sesegera mungkin memperbaikinya.

“Takutnya di musim penghujan nanti, dan terjadi banjir, bisa jadi jembatan ini akan tergerus banjir,” pungkasnya. (sg/sg)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.