Jelamu Ardu Marius didampingi Kasubag Pers Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Valeri Guru (berpeci hitam) dan Juru Bahasa Isarat, Ike Mauboy, saat memberi keterangan pers di Kantor Gubernur NTT, Jumat (24/4/20) malam.

sergap.id, KUPANG – Upaya pencegahan Covid-19 telah dilakukan oleh pemerintah secara maksimal. Namun pemerintah butuh dukungan masyarakat agar tekad perang terhadap virus mematikan itu tidak sia-sia.

Karena itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si, berharap seluruh penduduk NTT yang berjumlah 5,4 juta jiwa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita bisa menjaga NTT menjadi provinsi yang sehat dan tetap nyaman, kalau seluruh masyarakat mematuhi protokol pemerintah dan  protokol-protokol kesehatan. Insya Allah kita akan terhindar dari virus corona,” ujar Marius kepada wartawan di Kupang, Jumat (24/4/20) malam.

Menurut dia, eskalasi penyebaran virus corona di berbagai negara sangat mencekam dan menakutkan, termasuk di Indonesia.

“Ini adalah pembelajaran bagi kita semua, khususnya warga NTT untuk bisa menjaga kesehatan,” tegasnya.

Marius mengatakan, walau El Asamau, pasien 01, telah dinyatakan negatif Covid-19 dan diijinkan oleh pihak RSUD Prof WZ Yohanes Kupang untuk pulang ke rumahnya, namun masyarakat NTT perlu bersikap waspada terhadap penyebaran virus mematikan ini.

“Bapak Gubernur  dan Bapak Wagub tetap mengimbau kita semua, seluruh rakyat NTT, untuk tetap mematuhi protokol-protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia, WHO, dan juga oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupate/kota di seluruh NTT. Kita semua diimbau untuk tetap waspada dan tidak panik. Supaya kita bisa tetap menjalankan kehidupan secara normal,” tegasnya.

Marius mengungkapkan rasa kegembiraannya atas kabar kesembuhan El Asamau.

“Esok (hari ini) pasien 01 yang selama ini dirawat di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang akan dipulangkan ke rumahnya. Sesuai hasil pemeriksaan Swab yang kedua, dia telah dinyatakan negative virus corona,” ucapnya.

“Sembuhnya pasien 01 tentu membawa harapan baru kepada kita semua bahwa tertular virus sekalipun, bisa sembuh, apabila kita secara ketat mengikuti protokol-protokol kesehatan,” imbuhnya.

Marius mengimbau masyarakat NTT, khususnya di Kota Kupang dan Kabupaten Alor tempat asal El Asamau untuk tetap memberikan dukungan moril kepada El Asamau.

“14 hari kedepan, dia tetap akan dipantau di rumahnya. Dia akan menjalani Karantina Mandiri dan kita akan melihat perkembangan selama 14 hari kedepan,” pungkasnya. (CS/VG)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.