Joseph Nae Soi

sergap.id, MBAY – Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM dipastikan hadir pada puncak kegiatan Festival Literasi di Mbay, ibukota Kabupaten Nagekeo pada Senin (30/09/2019).

“Benar, Pak Wagub akan hadir,” tegas Kasubag Pelayanan Kemasyarakatan dan Hubungan Kelembagaan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, France Tiran, SS di Mbay, Minggu (29/9/19) malam.

Menurut dia, Wagub dijadwalkan dari Kupang pada Senin siang menuju Soa dan akan melanjutkan perjalanan darat ke Mbay.

Festival Literasi telah dibuka secara resmi oleh Bupati Nagekeo, dr. Yohanes Don Bosco pada Jumat, 27 September 2019.

Di tempat terpisah, Kabag Humas Setda Nagekeo, Drs. Gaspar Taka, mengatakan, seluruh acara Festival Literasi 2019 telah berjalan aman, lancar dan sukses hingga acara puncak yang akan dihadiri Wagub NTT.

Sementara itu, Kasie Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nagekeo, Nurliah Rubyanti, SE menjelaskan, skenario Parade Esu Kose pada Senin, 30 september 2019 adalah

Pukul 12.00 wita : Peserta Parade Esu Kose keluar dari Ndora/Aegela

Pukul 13.00 wita : Peserta tiba di Kantor Bupati Nagekeo dilanjutkan dengan acara santap siang bersama (nasi kotak).

Pukul 13.30 wita : Semua peserta parade sudah di area civic center, dan membentuk formasi sebagai berikut:

Foreder kepolisian : ambil posisi jalan utama

Drumband : posisi depan Kantor Dishub dan Kantor Dis Pol PP

Barisan anak sekolah berbusana daerah, posisi depan Dinas P&K dan Lingkungan Hidup

Peserta Etnik Karnaval dari Kab Kota se NTT bersama Paguyuban masing-masing; dan paguyuban lain asal luar NTT di Kota Mbay, mengambil posisi depan Dinsos dan Kominfo

Barisan para camat dan kades/lurah/ kaur/ RT, posisi depan Kantor Dinkes dan Setwan dengan urutan AESESA – BOAWAE – MAUPONGGO – WOLOWAE – AESESA SELATAN – KEO TENGAH – NANGARORO.

Barisan 1000 esu kose, posisi berbaris kiri dan kanan jalan masuk halaman kantor bupati, sesuai pembagian berdasarkan desa sebagaimana telah diatur.

Gong gendang paling akhir (penutup), ambil posisi di halaman Kantor Bupati Nagekeo.

Pukul 14.00 wita : Wagub NTT dan semua rombongan VVIP dan VIP menuju Rujab Bupati (istirahat/snack)

Pukul 14.00 wita : Parade dimulai

Pukul 14.45 wita : Peserta Karnaval tiba depan Toko Selera

Pukul 14.50 wita : Rombongan Wagub NTT dan semua tamu VVIP maupun VIP keluar dari Rujab menuju Lapangan Berdikari selanjutnya mengambil tempat di panggung kehormatan, diselingi dengan live musik atau atraksi hiburan lainnya.

Pukul 15.00 wita : Peserta karnaval tiba di depan Polsek.

Drumband langsung mengambil posisi utara jalan depan Polsek balik menghadap peserta karnaval.

Semua peserta parade masuk lapangan, masing-masing menuju kiri dan kanan ambil tempat membentuk barisan sepanjang depan stan pameran mengitari PEO; sambil lagu-lagu FLOBAMORA dinyanyikan 100 anggota dari Kabupaten Ngada dipanggung utama.

Pukul 15.20 wita :Barisan Parade Esu Kose, tiba depan polsek, lagu dan musik serta bunyi-bunyian lain dihentikan; semua larut dalam suasana prosesi ritual esu kose.

Pukul 15.25 wita : Peserta Esu Kose tiba di pintu gerbang masuk lapangan, langsung disambut tari IKI MEA di panggung utama; sementara Wagub NTT dan tamu VVIP disilakan mengambil tempat di sisi kiri dan kanan tiang bendera, menyaksikan parade masuk lapangan.

Pukul 15.30 wita : Peserta esu kose melewati depan PEO, Wagub NTT dan VVIP disilakan ambil tempat duduk di panggung kehormatan, dan selanjutnya menyaksikan parade esu kose dengan skenario sesuai rencana.

Pukul 16.00 wita dan setrrusnya kembali ke rundown utama. (Penulis: Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.