Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R Riwu Kore, MM, MH saat menyerahkan sarana perikanan kepada warga Alak, Selasa (11/8/20).
Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R Riwu Kore, MM, MH saat menyerahkan sarana perikanan kepada warga Alak, Selasa (11/8/20).

sergap.id, KUPANG – Dalam rangka HUT RI ke 75 dan peringatan ke-3 masa kepemimpinan Jeriko dan Herman Man, Pemerintah Kota Kupang menggelar sejumlah kegiatan dan program inovatif. Salah satunya adalah menyerahkan bantuan sarana perikanan kepada kelompok nelayan yang ada di Kota Kupang.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R Riwu Kore, M.M., M.H. bersama Sekda Kota Kupang, Fahrensy Priestly Funay, S.E, M.Si, turun langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada para nelayan di Kelurahan Nun Baun Sabu (NBS), Selasa (11/8).

Kepada para penerima bantuan, Wali Kota minta untuk menjaga bantuan tersebut secara baik dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk peningkatan ekonomi anggota kelompok serta tidak dikuasai oleh orang-orang tertentu saja.

Untuk kelompok nelayan yang belum menerima bantuan diminta segera melaporkan diri kepada Dinas Perikanan Kota Kupang agar didata, sehingga bisa diakomodir pada bantuan di lain kesempatan.

Wali Kota mengakui masih banyak warga Kota Kupang yang belum tersentuh bantuan. Karena itu Wali Kota mengimbau para camat dan lurah untuk terus pro aktif mendata penduduk yang kurang mampu dan sangat membutuhkan bantuan.

Karena menurutnya, saat ini Pemkot Kupang memiliki banyak program bantuan yang bisa meringankan beban masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid 19 yang menyebabkan lesunya perekonomian nasional.

Program bantuan yang disediakan antara lain beasiswa, seragam, tas dan buku, BPJS, PKH serta bantuan sembako. Karena itu kepada warga yang belum menikmati bantuan bisa melaporkan diri ke kelurahan setempat.

“Kalau didata secara baik oleh kelurahan saya yakin semua bisa dapat bantuan,” kata Wali Kota.

Mantan Anggota DPR RI 2 periode ini menambahkan, saat ini Pemkot Kupang mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat karena telah melaksanakan refokusing anggaran Covid-19 sesuai ketentuan senilai Rp 11,9 miliar. Dana tersebut rencananya akan dibelanjakan untuk membantu peningkatan perekonomian warga, bukan hanya nelayan, tapi juga usaha kecil lainnya seperti tukang kayu dan tambal ban.

Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson G. Nawa, SH menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program di Dinas Perikanan Kota Kupang untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia serta memasuki tahun ke 3 masa kepemimpinan Firmanmu.

Sasaran tahun ini adalah kelompok nelayan yang ada di wilayah Kecamatan Alak.

Bantuan ini diharapkan bisa merangsang para nelayan untuk lebih meningkatkan jumlah tangkapannya yang tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi mereka.

Adapun bantuan yang diserahkan antara lain, kapal untuk penangkapan ikan sejumlah 4 unit, gillnet multifilament (pukat) 20 unit, alat penangkapan ikan ramah lingkungan 40 Unit serta coolbox pemasaran sebanyak 44 unit.

Turut hadir dalam acara penyerahan tersebut antara lain Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, sejumlah pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Kupang, Camat Alak, Lurah Nunhila dan Lurah NBS beserta warga sekitar.

Usai penyerahan, Wali Kota bersama Sekda melihat langsung kapal penangkap ikan yang berlabuh di pesisir pantai tidak jauh dari lokasi penyerahan. (PKP/HMS)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.