George Melkianus Hadjoh
George Melkianus Hadjoh

sergap.id, KUPANG – Pemerintah Kota Kupang mencatat saat ini masih ada 102.616 orang atau 19.615 kepala keluarga (kk) di Kota Kupang yang masih terbelenggu dalam kemiskinan ekstrim. Karena itu, kelompok tersebut  akan menjadi sasaran program pengentasan kemiskinan di 2023.

“Pemerintah akan terus berupaya melakukan percepatan penanganan kemiskinan sehingga warga yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem bisa segera keluar dari lilitan kemiskinan,” ujar Penjabat Wali Kota Kupang, George Melkianus Hadjoh, seperti dikutip SERGAP dari ANTARA, Rabu (1/2/23).

George menjelaskan, data orang miskin ini berdasarkan sasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Hingga tahun 2022 lalu, pengentasan kemiskinan melalui program keluarga harapan (PKH) baru mencapai 9.993 kepala keluarga.

“Kami berharap pemerintah pusat dapat membantu dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem dalam bentuk penambahan kuota bagi penerima bantuan sosial sebesar 50,94 persen dari data PKH di Kota Kupang,” katanya.

Menurut dia, Pemerintah Kota Kupang juga memiliki program pemberdayaan masyarakat miskin, seperti mendorong pembentukan UMKM dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat yang dilakukan secara mandiri.

Pemerintah Kota Kupang melalui dinas-dinas teknis juga memberikan pelatihan-pelatihan untuk membantu peningkatan keterampilan bekerja bagi warga dalam mengembangkan usaha, sehingga produk yang dihasilkan bisa terserap dengan cepat di pasar. (ant/ant)