Supratman (94 tahun), kakek penjual pisang keliling yang dirampok orang tak dikenal, Rabu

sergap.id, WOW – Seorang kakek tua berusia 94 tahun kehilangan uang Rp1,1 juta akibat dirampok oleh sekelompok orang, tetapi dia akhirnya mendapatkan rejeki Rp37 juta lebih dari masyarakat.

Kisahnya begini. Tidak lama setelah dirampok di kawasan Kotabaru, Kota Jambi, Selasa (06/06), Supratman – kakek penjual pisang keliling itu – meminta tolong kepada warga yang melintas di sekitarnya.

“Rampok, rampok…” Suaranya nyaring terdengar. Merasa iba terhadap derita yang dialami pria ringkih dan berambut putih itu, seorang pria muda kemudian mendatanginya, mengajukan beberapa pertanyaan dan merekamnya dengan video.

Rupanya, pria muda itu lantas mengunggah video itu ke laman Facebooknya dengan memberikan keterangan tertulis tentang kronologi perampokan terhadap Supratman.

“Ya, Allah, uangku satu juta seratus (ribu)… Ya, Allah, Ya Allah… ” Demikian petikan suara Supratman yang terekam di video tersebut. Terlihat pula seorang pengendara sepeda motor menyisihkan uang untuk pria naas itu.

Dalam unggahan videonya, pria muda itu – TommyReza Chokolatoz, begitu dia menyebut jati dirinya – menuliskan pula beberapa kalimat yang intinya menyesalkan tindakan perampokan itu.

“Yang sabar ya pak… Buat kalian yang sering pulang pergi melewati kota baru, pasti tidak asing lagi sama bapak ini…. ” Demikan dia menulis di awal kalimatnya.

Tommy kemudian melanjutkan: “Belilah pisangnya tanpa kalian minta nego….. kasian bapak ini baru saja kehilangan uang tabungannya yang di tabungnya buat beli kursi, agar bisa ikut merayakan hari lebaran.”

Dia kemudian menuliskan kronologinya. Dan di ujung tulisannya, Tommy menulis: “Untuk perampok, apa kalian berpikir, kalau bapak tersebut telah susah? Berapa lama dia mengumpulkan uang sebanyak itu hanya dengan jualan pisang? Apa kalian tidak punya hati nurani di bulan puasa ini?”

Tidak lama kemudian, video itu mendapat sambutan luar biasa oleh pengguna Facebook, terutama yang berdomisi di Kota Jambi. Sampai Jumat (09/06), sekitar pukul 14.40 WIB, video itu telah dibagikan lebih dari 69,000 oleh pengguna Facebook.

Kakek Supratman dan istrinya

Tommy, rupanya, tidak sekedar mengunggah video tersebut. Tidak dijelaskan bagaimana caranya, Tommy dalam unggahannya di laman Facebooknya, Rabu (07/06), menulis bahwa dirinya berterima kasih terhadap simpati dan sumbangan materi untuk pria penjual pisang tersebut.

“Hingga membuka pintu rezeki bagi bapak Suratman maupun yg berdonasi berupa uang, doa, maupun tenaga,” tulis Tommy. “Allhamdullilah.”

Pada Rabu, sekitar pukul 15.00 WIB, Tommy mengaku telah menyerahkan seluruh dana donasi yang saya terima dari berbagai “sahabat Facebook, sahabat Line, SGB Team Sedekah, dan seluruh pendonasi lainnya”.

Tommy juga menyertakan foto saat dirinya menyerahkan secara simbolis bantuan uang itu kepada Supratman. Di dalam foto itu, Tommy berdiri disamping Supratman, istrinya, serta seorang pria muda lainnya.

TommyReza Chokolatoz ketika secara simbolis menyerahkan bantuan uang.

Dalam foto itu, Supratman – yang terlihat tertawa renyah – memegang kertas putih dengan tulisan: Donasi dari #sahabatFacebook #SGBteamsedekah #sahabatline Total: Rp 37.197.000.

Pada hari yang sama, Rabu (07/06), Supratman juga kedatangan tamu, Gubernur Jambi, Zumi Zola, yang kemudian memberikan bantuan uang senilai Rp5juta dari kantong pribadinya. Sang gubernur juga memborong pisang dagangan Supratman dengan nilai Rp500 ribu. (BBC)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.