Pulau Baru di NTT
Pulau PASKAH yang baru ditemukan oleh warga di Rote Ndao pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda NTT, Minggu (4/4/21).

sergap.id, KUPANG – Sebuah Pulau Baru yang datarannya berpasir dan berbatu ditemukan di wilayah Dusun Sai, Desa Tolama, Kecamatan Loaholu, Kabupaten Rote Ndao, pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda NTT, Minggu (4/4/21) lalu.

Sejauh ini Pemerintah Provinsi NTT masih melakukan penelitian untuk memastikan apakah pulau itu sudah lama ada dan baru ditemukan atau pulau baru yang baru muncul setelah bencana melanda NTT.

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, mengatakan, pihaknya telah meminta TNI Angkatan Laut untuk melakukan penyelidikan.

“Kalau AL sudah selesai selidiki akan segera diinformasikan (ke publik),” kata Josef.

Daratan baru yang ditemukan oleh warga lokal dan dinamai Pulau Paskah tersebut berada pada koordinat 10° 46′ 1.07″LS dan 122° 51′ 1.91″BT.

Pulau itu diberi nama Pulau Paskah karena kemunculannya bertepatan dengan moment perayaan Paskah 2021.

Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil melalui Kelompok Kerja Pulau-pulau Kecil dan Terluar telah memastikan keberadaan “Pulau Paskah” dari hasil pemeriksaan di lapangan oleh petugas Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Rote Ndao, Barnabas Y. Jony Wae.

“Setelah dicocokan dengan data gasetir maka benar adanya, belum terdapat nama pulau pada koordinat tersebut,” demikian pernyataan Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil seperti diumumkan melalui laman Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Senin 12 April 2021. (bel/bel)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here