sergap.id, KUPANG – Program BOKS (Build Our Kids’ Success) yang diimplementasikan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI), berkolaborasi dengan Prodi Penjaskesrek FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang, telah memberikan Pelatihan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) se-kota Kupang.
Pelatihan ini diikuti 20 guru kelas dan guru olah raga (PJOK) dari 14 Sekolah Dasar (SD), serta kepala sekolah dari 4 SLB (Sekolah Luar Biasa) di Kota Kupang. Dengan dukungan Sun Life, langkah ini merupakan upaya Program BOKS dalam perluasan pendampingan untuk melibatkan semakin banyak anak di Kawasan Pulau Timor.
Pelatihan ini berfokus pada aktivitas fisik yang menyenangkan dan pembelajaran gizi berimbang yang sesuai ketunaan siswa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah berkebutuhan khusus, sehingga Program BOKS tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan aktivitas fisik, tetapi juga menjadi wahana pembelajaran yang inklusif untuk mendukung perkembangan optimal setiap siswa, tanpa terkecuali.
Saskia Rosita Indasari, Ketua Tim Program BOKS, WVI mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini menjadi langkah penting karena guru-guru SLB (Sekolah Luar Biasa) masih jarang mendapatkan penguatan kapasitas dalam memberikan mata pelajaran olahraga dan pendidikan gizi yang menyenangkan, sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus. 4 SLB yang berpartisipasi dalam pelatihan tersebut adalah SLB Negeri Pembina Kupang, SLB Negeri Kota Raja, SLB Negeri Kota Kupang, dan SLB Swasta Asuhan Kasih.
“Anak-anak berkebutuhan khusus memiliki keunikan dan kebutuhan yang perlu diperhatikan dengan cermat. Karena itu, melalui pelatihan ini kami ingin memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru-guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang positif dan bermakna bagi setiap siswa”, kata Saskia.
Herdiana, Kepala UPT Kemendikbudristek Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) NTT, menyatakan dukungannya terhadap Program BOKS.
Saat ini sedang dipersiapkan pendirian sekolah model untuk Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di 94 sekolah di kota dan kabupaten yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.
Dalam GSS, fokus utama ada pada lima aspek kesehatan utama, yaitu Fisik, Gizi, Imunisasi, Lingkngan, dan Kesehatan Mental.
“Kami sedang menyiapkan indikator untuk inisiatif sekolah sehat dan akan terus berkoordinasi dengan WVI agar hal-hal baik yang telah dilakukan dapat diadopsi oleh sekolah lain. Dengan komitmen ini kami berharap mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, sehat, dan produktif bagi para siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus”, ujar Herdiana dalam sambutannya di acara pembukaan pelatihan tersebut.
Program BOKS menyasar pemenuhan hak anak disabilitas untuk mendapatkan pendidikan berkualitas, hak bermain, dan bertumbuh kembang secara sehat. Program BOKS juga dianggap mendukung tercapainya indikator KLA kluster Pendidikan dan Pemanfaatan Waktu Luang. Hal ini sejalan dengan Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAN PIJAR) yang ditetapkan dalam Permenko PMK Nomor 1 Tahun 2022. Pembiasaan aktivitas fisik, edukasi, dan pemenuhan gizi bagi anak sekolah menjadi dua komponen penting dalam RAN PIJAR.
Fasilitator Veramyta Maria Martha, Koordinator Prodi Penjaskerek FKIP Undana, memberikan arahan mengenai salah satu gerakan olahraga bagi anak-anak Fasilitator dan peserta pelatihan guru SLB di Kupang. (pr/pr)