Bandara Soa
Tugu Pesawat di Bandara So'a

sergap.id, SO’A – Jika tidak ada halangan, maka mulai tanggal 9 November 2020, pesawat Citilink mulai melayani penerbangan Pulang Pergi (PP) dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Turelelo So’a, Kabupaten Ngada.

Demikian disampaikan Kepala Bandar Udara Turelelo Soa, Denny Ariyanto, kepada wartawan si So’a, Rabu (4/11/20) siang.

Denny menjelaskan, sesuai rencana awal, seharusnya penerbangan perdana Citilink dari El Tari ke Turelelo sudah dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2020. Namun karena ada masalah teknis, maka rencana tersebut di geser ke tanggal 3 November. Namun lagi-lagi karena masalah teknis, maka penerbangan perdana baru akan dilaksanakan pada tanggal 9 November mendatang.

“(tanggal penerbangan) Diundur karena faktor safety. Fast moving partnya belum tersedia. Requirement masalah ini sedang diproses oleh Direktorat Teknis. Namun tim IT Citilink sudah berada di sini (Bandara Turelelo So’a), dan mereka sedang bekerja. Kehadiran tim IT Citilink ini menandakan bahwa penerbangan Citilink dari El Tari ke So’a tetap jadi,” tegas Denny.

Menurut Denny, sejauh ini pihaknya terus aktif berkomunikasi dengan pighak Direktorat Teknis dan manajemen Citilink.

“Tanggal 9 Citilink beroperasi. Semoga berjalan aman dan lancar,” ucapnya.

Kehadiran Citilink di rute Kupang-So’a dikarenakan jumlah penumpang selama dua tahun terakhir dari bandara So’a ke El Tari atau sebaliknya terus meningkat.

“Mungkin karena data penumpang yang kami suplay ke Citilink itu membuat pihak Citilink mengambil keputusan untuk melayani rute Kupang – So’a. Karena mungkin saja menurut Citilink, disini ada potensi market yang signifikan. Sebab data kemarin saja (Selasa, 3 November 2020), penumpang yang naik turun di sini (Bandara Turelelo So’a) ada sebanyak 346 orang dalam enam kali take off landing,” bebernya.

Kehadiran Citilink Kupang – So’a disambut baik oleh masyarakat NTT, khususnya di tiga kabupaten, yakni Ngada, Nagekeo dan Manggarai Timur. Karena masyarakat di tiga wilayah ini paling sering menggunakan jasa Bandara So’a.

“Kami senang sekali. Sebab makin banyak maskapai yang datang melayani, maka harga tiket dijamin stabil. Semoga rencana ini berjalan baik,” ujar Yanti Ni, warga Manggarai Timur, saat melakukan perjalanan dari So’a ke Kupang dengan pesawat Wings Air, Rabu (4/11/20).

Yanti berharap peran serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngada, Nagekeo dan Manggarai Timur guna mendukung pengembangan Bandara So’a sebagai Bandara tersibuk di NTT.

“Salah satunya melalui kebijakan Bupati yang mewajibkan semua ASN yang melakukan perjalanan dinas untuk pergi dan pulang melalui Bandara So’a. Dengan demikian keuntungan akan diperoleh di Bandara So’a. Apalagi Bandara ini sudah sangat bagus, baik dari sisi pelayananannya maupun keamanannya,” pungkasnya.

Pernyataan yang sama juga dilontarkan oleh Edy Betu (warga Bajawa Utara, Ngada), dan Mikel Muda (warga Mbay, Nagekeo).

“Harapan kami ya Citilink cepat masuk. Supaya tidak ada dominasi harga tiket disini,” ucap Edy.

“Wow… ini kabar gembira. Ini yang kami tunggu selama ini. Semoga cepat terealisasi,” kata Mikel.  (sg/cs)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.