sergapntt.com, SO’A – Lazimnya selepas mandi badan jadi segar. Tapi jika Anda mandi di tempat ini, hufffff dijamin perut Anda jadi lapar, badan pun lemas. Tidak percaya? Coba Saja!

Anehnya, orang-orang terus berdatangan untuk merasakan sensasi mandi di kolam itu. Bukan hanya warga lokal, tapi bule-bule dari berbagai negara juga tak mau ketinggalan. Katanya, selain membuat kulit jadi halus, air di tempat itu juga memiliki khasiat menghalau beberapa penyakit, diantaranya kudis, kurap dan rematik.

Nama tempat itu adalah kolam air panas Mengeruda, tepatnya di bagian Timur Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Letaknya kurang lebih 10 meter di atas sungai yang berada di sebelahnya. Selain air panas, di tempat ini juga tersedia air hangat dan dingin. Air hangat berasal dari pertemuan air panas dan air dingin, sedangkan air dingin bersumber dari sungai yang bersebelahan dengan air panas.
Di ujung kolam air panas terdapat air terjun kecil. Biasanya, pengunjung memanfaatkan air itu untuk mengatasi punggung sakit atau pegal-pegal. Caranya, mereka duduk membelakangi air terjun dan menerima hantaman air seolah sedang dipijit.

Sumber Air Panas Soa

Kini, pemandian Air Panas Mengeruda merupakan salah satu daerah tujuan wisata minat khusus. Tempat ini paling cocok untuk wisata kesehatan ( health tourism) yang dipadukan dengan daya tarik wisata alam.

Tak heran bila setiap hari pengunjung terus berdatangan untuk membuktikan khasiatnya, sekaligus menikmati alam di sekitarnya. Selain bisa menyembuhkan penyakit, air panas ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot, menghilangkan capek-capek, serta membuat awet muda.

“Mandi disini bikin perut jadi lapar, badan lemas. Tapi besoknya kita merasa lebih segar. Saya sudah empat kali mandi disini. Luar biasa alam disini. Saya suka,” ujar Veronika, wisatawan asal Belanda yang telah 2 hari berada di So’a.

Di pemandian air panas tersedia WC umum, kamar mandi, ruang ganti, warung makan, kafe, tempat penginapan, tempat parkir, kolam renang, hutan wisata dan ruang informasi.
Melalui penyelidikan ilmiah diketahui bahwa panasnya air dan zat belerang (sulfur) yang terkandung di dalamnya berasal dari sentuhan magma (panas bumi) yang menyentuh sumber air tanah yang sangat dalam dan terasa sampai di permukaan yang kemudian dikenal dengan sebutan sumber air panas.

Panasnya air Mengeruda tepat pada sumbernya sekitar 44 0 C, dan setelah sampai permukaan di kolam mandi menjadi kurang lebih 36 0 C, sesuai dengan suhu badan manusia, sehingga terasa enak dan nyaman untuk mandi.

Kira-kira 1 KM dari tempat pemandian terdapat sebuah bandar udara (bandara) yang rutin disinggahi pesawat Wings Air dan Trans Nusa Air Lines. Pesawat-pesawat tersebut tiap hari melayani rute Kupang – So’a – Labuan Bajo (Kabupaten Manggarai Barat) pulang pergi (PP), dan Kupang – So’a PP. (Valens)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.