Menabung adalah kebiasaan baik yang perlu dilatih sejak usia DINI.

sergap.id, BAJAWA – Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang wajib ditanamkan sejak dini. Mengapa? Tentu saja dengan menabung, anak-anak akan belajar berhemat dan bertanggungjawab dalam menggunakan uang.

Jika sewaktu di Pendidikan Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-kanak (TK), anak-anak masih sering jajan dan menghabiskan uang saku yang didapatnya, maka saat masuk Sekolah Dasar (SD) orang tua harus mulai mengajari anak untuk menabung.

Mungkin awalnya menabung menggunakan celengan di rumah dengan menyisihkan sedikit uang saku untuk membeli barang yang si anak inginkan. Misalnya, ketika ia menginginkan sepeda baru, maka mereka bisa diarahkan untuk menyisihkan sedikit uang saku.

Selanjutnya target tabungan siswa akan semakin meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan peningkatan jumlah uang saku mereka. Ke depannya, untuk memenuhi kebutuhan, maka mereka tidak akan meminta kepada orang tua, tetapi berusaha sendiri untuk mewujudkan keinginannya.

Jiwa gigih dan tekun siswa inilah yang terus didorong oleh Bank NTT Cabang Bajawa, Kabupaten Ngada, dengan cara mendekatkan diri lalu mengajak anak-anak PAUD, TK, SD, SMP dan SMA untuk menjadi nasabah Bank NTT melalui tabungan Simpanan Pelajar (Simpel).

@iklan.SERGAP.ID

Sejauh ini sudah 2.935 pelajar di Ngada yang menjadi nasabah Bank NTT, dengan total tabungan senilai Rp111.722. 481. Jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan sosialisasi tabungan Simpel dan kunjungan pegawai Bank NTT ke sekolah-sekolah setiap hari.

Kepala Bank NTT Cabang Bajawa, Stefanus Tuga, mengatakan, para pelajar di Ngada sangat antusias terhadap keberadaan tabungan Simpel. Itu sebabnya, setiap hari pasti saja ada yang datang untuk menabung atau membuka rekening baru.

Program tabungan Simpel ini bertujuan untuk memberikan menfaat edukasi keuangan, serta mendorong budaya gemar menabung sejak usia dini, agar di kemudian hari, anak dapat mengelola uangnya dengan lebih bertanggungjawab.

Khusus tabungan Simpel, anak-anak diberi kemudahan. Dengan hanya bermodalkan Rp5 ribu, si anak sudah dapat membuka rekening baru di Bank NTT, plus bebas biaya administrasi, serta dapat memiiliki kartu ATM, Mobile Banking dan SMS Banking secara gratis.

“Tidak harus uang banyak saat menabung. Rp1000 sehari sudah cukup. Asalkan rutin. Sehingga hasilnya adik-adik bisa nikmati di kemudian hari,” ujar Stef.

Stef menjelaskan, persyaratan membuka rekening baru tabungan Simpel, cukup dengan membawa Akta Kelahiran. Setelah itu bubuhi tanda tangan pada buku tabungan, serta melampirkan copyan KTP orangtua  atau saudara kandung si anak yang telah dewasa. (Elsy/Elsy)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.