sergap.id, BAJAWA – Komunitas motor trail bentukan mantan Bupati Kabupaten Ngada, Marianus Sae, Jumat (20/9/19) siang, mengantar Bakal Calon (Balon) Bupati Ngada, Gregorius Upi Dheo (GUD) mendaftar di PDIP.

Bersama komunitas trail yang dipimpin Ady Kila, GUD keluar dari rumah keluarga istrinya di Mangulewa menuju Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Ngada di jalan Kartini, Bajawa.

Kedatangan GUD diterima oleh Ketua DPC PDIP Ngada, Maria Lali, dan pengurus PDIP lainnya.

Maria Lali menjelaskan, semua berkas pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, termasuk milik GUD, akan dikirim ke DPD dan DPP PDIP.

Selantutnya PDIP akan melakukan survei melibatkan lembaga survei yang berkompoten guna mengetahui respon masyarakat pemilih, apakah balon yang bersangkutan layak direkomendasikan oleh PDIP menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati atau tidak?

Lali berharap, semua balon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah mendaftar di PDIP dapat mengikuti semua mekanisme penetapan balon Bupati dan Wakil Bupati yang berlaku di PDIP.

Kepada SERGAP, GUD, mengaku, sebagai putera daerah, ia terpanggil untuk berpartisipasi dalam Pilkada Ngada tahun 2020.

Keterpanggilan tersebut dilandasi oleh kepedulian untuk melayani masyarakat, dan mengambil inisiatif positif dan konstruktif bagi perubahan ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Tagline yang saya bawa adalah Kampung Kuat, Desa Mandiri, Ngada Bangkit,” katanya.

Menurut GUD, Ngada memiliki potensi ekonomi yang sangat mungkin untuk dikembangkan, termasuk potensi di sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan pariwisata.

“Konsentrasi ekonomi masyarakat selama ini bertumpu pada sektor hulu yang tidak diikuti dengan kebijakan strategis yang mendorong adanya mata rantai ekonomi yang bergerak dari hulu ke hilir, dari bahan mentah (raw material) kepada pengolahan (processing),” ujarnya.

“Dengan pola konvensional ini, porsi nilai tambah yang dinikmati masyarakat sangat kecil. Porsi besar dari mata rantai ekonomi tersebut justru terjadi di luar daerah,” ucapnya.

GUD menyerahkan berkas pendaftaran balon Bupati Ngada dan diterima oleh Ketua DPC PDIP Ngada, Maria Lali.

Berikut Profil Gregorius Upi Dheo

  • Nama                    : Gregorius Upi Dheo
  • Lahir                      : Bajawa, 27 Oktober 1977
  • Asal                        : Puuboa, Ratogesa, Golewa, Ngada, NTT.
  • Ayah                      : Alm. Paulus Dheo Wawo (Asal : Sadha-Laja-Golewa Selatan)
  • Ibu                         : Yuliana Itu (Asal : Wogo-Ratogesa-Golewa)
  • Isteri                      : Hellyn Ota (anak dari pasangan bapa Martinus Tuga, asal Desa Rakateda II, Warikeo, Golewa Barat, dan mama Alm. Lusia Sada asal Takatunga, Ngorabolo, Golewa Selatan).
  • Anak-anak          : Paulus Jonathan Tuga, Maximus Jeyzco Pati Upi, Alexander Javiers Pasha.
  • Pendidikan         : SDK Ladja, SD Inpres Baucau, SMPN 02 Viqueque, SMAN 01 Viqueque, Universitas Katolik Atma Jaya.
  • Karier                    : Law Firm Nindya and Accosiates, PT Bank Lippo, Bank CIMB Niaga, SKC Law.
  • Organisasi           : PPMJ (pendiri), Ketua UKM Bola, FODIM (Forum Diskusi Ilmiah), FAMRED (Front aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi),  AKKI (Assosiasi Kartu Kredit Indonesia), PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia), IPMI (Ikatan Pengusaha Muda Indonesia). (bel/bel)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.