Labuan Bajo didahulukan mendapat layanan 5G karena Labuan Bajo merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia saat ini.
Labuan Bajo didahulukan mendapat layanan 5G karena Labuan Bajo merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia saat ini.

sergap.id, KUPANG – Masyarakat Indonesia segera menikmati jaringan 5G alias jaringan yang lebih cepat dari 4G, dan satu-satunya daerah di Provinsi NTT yang segera menikmati kecepatan layanan internet itu adalah Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Labuan Bajo didahulukan karena Labuan Bajo merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia saat ini.

Kini, Telkomsel telah menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang sudah melakukan Uji Layak Operasi (ULO) 5G dan dinyatakan lolos.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, menyebut, Telkomsel memberi layanan 5G memanfaatkan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1.800 MHz untuk control plane. Proses ULO 5G yang dilakukan Telkomsel bersama Kominfo berlangsung tiga hari, 19-21 Mei 2021.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, pun bersuara soal langkah Telkomsel.

Berdasarkan pengakuannya, setelah lulus tahap ULO, rencana pergelaran 5G Telkomsel akan dilakukan secara terbatas sebagaimana yang terjadi pada teknologi 3G dan 4G pada tahap awal.

“Jika skala ekonominya sudah dapat maka 5G akan menyebar dengan sendirinya. Jadi akan pada titik tertentu dahulu,” jelasnya.

Berdasarkan rencana Kominfo dan Telkomsel, hanya sejumlah wilayah di Indonesia yang akan lebih dahulu menikmati layanan 5G.

Dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo 2020-2024, terungkap layanan 5G awal hanya berlaku di Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, Mandalika, dan satu kawasan industri manufaktur.

“Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sesudahnya layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi-lokasi lain,” ujar Johnny Plate.

Meski begitu, wilayah 5G Telkomsel pada tahap awal hanya akan bisa dinikmati di 6 lokasi residensial di Jakarta, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pondok Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain itu, Telkomsel juga akan menggelar 5G di 9 kota besar Indonesia, yakni Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. (pil/pil)

1 Komentar

  1. Semoga semua dapat diwilayah Ntt setelah Labuan Bajo. Namun masih banyak wilayah di NTT yang belum tersentuh dengan jaringan telkomsel sehingga masyarakat harus mencari titik atau tempat untuk telepon atau internet jika membutuhkan.

KOMENTAR ANDA?

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini