Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Mere, M.Kes
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Mere, M.Kes

sergap.id, KUPANG – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Ende bertambah dari 1 menjadi 4 berdasarkan hasil tes swab yang diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang.

“Dari 94 sampel yang diperiksa, ada 3 sampel yang positif Covid-19. Tiga ini berasal dari Kabupaten Ende, Klaster Goa. Tiga orang ini merupakan kerabat dekat. Dinas Kesehatan Ende sudah melakukan penelusuran kontak terhadap siapa-siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan tiga orang ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Mere, M.Kes kepada wartawan di Kupang, Senin (18/5/20) siang, pukul 13.30 WITA.

Mere menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, dr. Munafatma yang mengatakan bahwa tiga pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu berasal dari satu kerabat.

“Sehingga memudahkan dilakukan tracing. Dan teman-teman di ende saat ini sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan tracing secara detail dan sudah disampaikan kalau ketiganya akan diisolasi di RSUD Ende,” ucap Mere.

Mere pun memberi apresiasi Kepada Direktur RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang dan jajarannya, karena pada hari Minggu pun petugas Laboratorium Biomolekuler tetap bekerja tanpa henti untuk menyelesaikan pemeriksaan sampel swab yang dirujuk ke rumah sakit itu.

“Rencana kita, kita akan mengambil sampel swab yang ada di daratan Sumba. Karena sudah ada 50 sampel swab di daratan sumba yang siap di kirim ke Kupang.  Namun karena keterbatasan transportasi, Bapak Gubernur melalui Gugus Tugas Covid-19 NTT mengambil langkah mempercepat pengangkutan menggunakan sarana transportasi khusus yang telah dipersiapkan oleh Bapak Gubernur,” katanya.

Berikut jumlah kasus Positif Covid-19 per kabupaten/kota di NTT, Senin, 18 Mei 2020:

  1. Kabupaten Sikka 26 kasus
  2. Kota Kupang 15 kasus (6 dinyatakan sembuh, 1 meninggal dunia)
  3. Kabupaten Manggarai Barat 12 kasus
  4. Kabupaten Sumba Timur 7 kasus
  5. Kabupaten Ende 4 kasus
  6. Kabupaten TTS 2 kasus
  7. Kabupaten Rote Ndao 2 kasus
  8. Kabupaten Flores Timur 1 kasus
  9. Kabupaten Nagekeo 1 kasus
  10. Kabupaten Manggarai 1 Kasus

Total 71 kasus, 64 diantaranya sedang di isolasi dan perawatan, 6 dinyatakan sembuh, 1 meninggal dunia. (ns/ns)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.