Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende
Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende.

sergap.id, ENDE – Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, berubah warna sejak pekan lalu. Pada danau Tiwu Ata Bupu sebelumnya warna hijau  muda berubah menjadi hijau tua. Sementara pada Tiwu Ata Polo berubah dari hijau menjadi hijau kebiruan, dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai berubah dari biru kehijauan menjadi biru muda.

Masyarakat adat setempat memprediksi, perubahan warna tersebut sebagai pertanda akan berakhirnya pandemi Covid-19 di dunia, termasuk di Indonesia dan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Forum Komunitas Adat Penyangga Danau Kelimutu, Yohanes Don Bosco Watu, menjelaskan, perubahan air di Danau Kelimutu merupakan sinyal akan terjadi perubahan alam. Ini sangat berkaitan erat dengan mitos yang dipercaya masyarakat adat di Kecamatan Kelimutu.

“Nah, yang kita hadapi saat ini adalah pandemi covid-19. Wabah ini akan segera berakhir. Itu yang diprediksi masyarakat adat disini,” kata Yohanes seperti dilansir mediaindonesia.com pada , Jumat (15/4/20).

Yohanes yang juga Mosalaki Tana Mau Gadho Woloara Kelimutu ini mencontohkan pada tahun 1992, sebelum terjadi tsunami yang meluluhlantakkan sebagai Pulau Flores, telah terjadi perubahan warna air di Danau Kelimutu.

Pada 1998 sebelum kejatuhan Soeharto pu sama, ketiga danau tersebut berubah warna di awal tahun.

Selanjutnya pada tahun 2014, sebelum Pemilu Presiden, Danau Kelimutu beberapa kali berubah warna.

Itu sebabnya Yohanes memprediksi akan terjadi sesuatu yang baik, termasuk berakhirnya pandemi Covid-19.

Apakah yang diperkirakan Yohanes itu akan terjadi? Kita tunggu saja! (les/mi)

9 COMMENTS

  1. Jika Tuhan SDH tiba waktuNya, Dia akan melenyapkan Corona dgn kuasaNya,dan bukan lwt tanda2 alam. Semoga doa semua kita ank2Nya, di dengar dan dikabulkanNya.

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.