Wali Kota Kupang, Jefry Riwu Kore saat memantau langsung pelayanan E-KTP di Kantor Dukcapil Kota Kupang, Senin (27/1/20) siang.

sergap.id, KUPANG – Mulai hari ini, Senin (27/1/20), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang melayani membuatan KTP elektronik atau E-KTP sejak pukul 8 pagi hingga jam 12 malam.

“Target pelayanan E-KTP adalah tiga bulan. Tapi kalau Kadis Dispendukcapil bisa menyelesaikan pelayanan ini dalam jangka waktu satu bulan, itu lebih baik,” ujar Wali Kota Kupang, Jefry Riwu Kore saat memantau langsung pelayanan E-KTP di Kantor Dukcapil Kota Kupang, Senin (27/1/20) siang.

Jefry menganjurkan masyarakat yang ingin menurus KTP datang ke kantor Dukcapil pada tengah malam saja.

“Lebih baik datang pada jam 12 malam. Karena datang siang seperti ini, antrinya panjang. Masyarakat datang siang untuk masukan berkas ke petugas. Malamnya datang cek dan ambil KTP yang sudah jadi. Bila perlu pelayanan ini kita buka 24 jam,” tegas Jefry.

“Saya minta Kadis Dispendukcapil membantu, dan mengatur petugas pelayanan untuk diroling dari pagi hingga malam nanti. Diatur pagi siapa, dan malam siapa. Sehingga kegiatan ini selesai paling lambat tiga bulan saja,” kata Jefry.

Menurut Jefry,  stok blanko E-KTP yang diberikan oleh Dirjen Dukcapil untuk Kota Kupang sebanyak 4000 blanko.

Namun Pemkot Kupang sendiri sudah anggarkan dana sebesar Rp 300 juta untuk pembelian balanko sebanyak 15 ribu lembar.

Masyarakat Kota Kupang saat mengurus KTP di Kantor Dukcapil Kota Kupang, Senin (27/1/20).

Kapala Dinas (Kadis) Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmasse, membenarkan, jika pihaknya memberi pelayanan E-KTP hingga tengah malam.

“Pelayanannya sampai pukul jam 12 malam. Ini sesuai intruksi Pak Wali Kota. Apa bila ada masyarakat yang belum sempat ambil KTP, dapat segera mangambilnya di loket pelayanan. Masyarakat hanya membawa bukti rekaman KTP dan kartu keluarga, kita urus, langsung ambil,” katanya.

“Apabila ada kandala, langsung hubungi petugas, agar dapat diselesaikan secepatnya,”pungkas Agus. (adv/adv)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.