Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere.

sergap.id, KUPANG – Guna mempercepat tes swab Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT akan menempatkan alat tes swab cepat di 6 Rumah Sakit (RS) di 6 Kabupaten di NTT.

6 RS itu adalah RS TC Hillers Maumere untuk melayani tes swab spesimen rujukan dari Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

RS Komodo melayani tes swab spesimen dari Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Manggarai, dan Kabupaten Manggarai Barat.

RS Umbu Rara Meha melayani tes swab spesimen rujukan dari Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya, dan Kabupaten Sumba Barat.

RS WZ Yohanes Kupang melayani tes swab spesimen rujukan dari Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

RS Gabriel Manek melayani tes swab spesimen rujukan dari Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, dan Kabupaten Timor Tengah Utara.

RS Ende melayani tes swab spesimen rujukan dari Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo, dan Kabupaten Ngada.

“Khusus  RS Gabriel Manek dan RS Ende alat tes cepat molekuler harus diinstal dulu. Kami akan segera koordinasi dengan kementerian Kesehatan. Tapi pada dasarnya kita prioritaskan dulu 4 rumah sakit itu, yakni RS TC Hillers, RS Komodo, RS Umbu Rara Meha, dan RS WZ Yohanes. Jadi, kedepan, pemeriksaan swab tidak perlu tunggu dari RS WZ Yohanes,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere kepada wartawan di Kupang, Minggu (7/6/20) sore, pukul 17.00 Wita.

Menurut dia, tes cepat swab hanya butuh waktu 45 menit. Sementara tes swab Polymerase Chain Reaction atau PCR membutuhkan waktu 7 jam. Namun dari sisi jumlah, PCR real time bisa memeriksa 116 spesimen atau paling sedikit 98 spesimen, dan 48 spesimen per hari.

Domi menambahkan, dalam rangka penerapan new normal yang dimulai tanggal 15 Juni 2020 mendatang, pihaknya terus mempersiapkan unit-unit kesehatan, termasuk puskesmas-puskesmas di seluruh NTT, guna lebih siap melayani masyarakat yang sakit ringan dan sedang.

Sementara hasil pemeriksaan swab hari ini, Minggu (7/6/20), semuanya negatif Covid-19.

“Dari 48 spesimen swab yang diperiksa hari ini di Lab Biomolekuler RSUD WZ Yohanes Kupang, semuanya negatif. 48 spesimen ini berasal dari Kota Kupang, Kabupaten Ende, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Barat Daya,” papar Domi.

Domi menjelaskan, total pasien postif Covid-19 di NTT saat ini sebanyak 103 orang, sembuh 30 orang, sedang dirawat 72 orang, dan meninggal 1 orang, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Kota Kupang 29 kasus (16 dirawat, 12 sembuh, 1 meninggal dunia)
  2. Kabupaten Sikka 27 kasus (21 dirawat, sembuh 6)
  3. Kabupaten Manggarai Barat 15 kasus,(11 dirawat, sembuh 4)
  4. Kabupaten Ende 12 kasus (10 dirawat, sembuh 2)
  5. Kabupaten Sumba Timur 8 kasus (6 dirawat, sembuh 2)
  6. Kabupaten TTS 4 kasus (1 dirawat, 3 sembuh)
  7. Kabupaten Nagekeo 3 kasus
  8. Kabupaten Flores Timur 2 kasus masih dirawat
  9. Kabupaten Rote Ndao 2 kasus ( 1 dirawat, 1 sembuh)
  10. Kabupaten Manggarai 1 Kasus masih dirawat. (cis/cis)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.