Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere.

sergap.id, KUPANG – Jumlah pasien postif Covid-19 di NTT terus bertambah. Saat ini telah mencapai digit tiga, yakni 105 orang.

“Hari ini saya sampaikan, dari 97 spacimen yang diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang, ada 1 pasien yang positif berasal dari Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Di samping itu, hari ini juga, dari laporan gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan, ada satu pasien terkonfirmasi positif dan saat ini berada di Kupang. Sehingga hari ini jumlah pasien Covid-19 terkonfirmasi positif covid-19 menjadi 105 dari 103 kemarin,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere kepada wartawan di Kupang, Senin (8/6/20).

Menurut dia, 97 specimen yang diumumkan hari ini berasal dari Kota Kupang, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, dan Kabupaten Sumba Barat Daya.

“Perlu diketahui hari ini ada 1 pasien dari Kabupaten Rote Ndao hasilnya sudah negatif dan sembuh. Itu berarti Kabupateen Rote Ndao sudah tidak ada lagi pasien yang terkonfirmasi positif. Dan saat ini kami sudah berkoordinasi dengan Direktur RSUD Ba’a, sore hari pasien yang sudah sembuh itu dipulangkan. Kami memberi apresiasi untuk teman-teman dokter di RSUD Ba’a, karena semua pasien yang dirawat sudah sembuh. Demikian juga untuk Direktur RSU Bhayangkara karena semua pasiennya dari 10 orang pasien klaster Sukabumi semuanya sudah sembuh. Kita beri apresiasi untuk mereka,” kata Domi.

Domi merinci, 105 pasien positif tersebut terdiri dari sedang dirawat 72 orang, sembuh 32 orang, dan meninggal dunia 1 orang.

  1. Kota Kupang 30 kasus (17 dirawat, 12 sembuh, 1 meninggal dunia) .
  2. Kabupaten Sikka 27 kasus (21 dirawat, sembuh 6)
  3. Kabupaten Manggarai Barat 16 kasus (12 dirawat, sembuh 4)
  4. Kabupaten Ende 12 kasus (10 dirawat, sembuh 2)
  5. Kabupaten Sumba Timur 8 kasus (5 dirawat, sembuh 3)
  6. Kabupaten TTS 4 kasus (1 dirawat, 3 sembuh).
  7. Kabupaten Nagekeo 3 kasus
  8. Kabupaten Flores Timur 2 kasus
  9. Kabupaten Manggarai 1 Kasus
  10. Kabupaten Rote Ndao 2 kasus (2 sembuh).

“Dengan sembuhnya pasien positif covid-19 di Rote Ndao, maka dari 10 Kabupaten/Kota (Zona Merah Covid-19) kita tinggal 9, yaitu 8 Kabupaten dan 1 Kota. Keseluruhan positif 105, sembuh 32 saat ini dirawat 70 dan akan tambah 2 Kota Kupang yang baru, serta meninggal dunia 1,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun SERGAP menyebutkan, 1 pasien postif baru di Kota Kupang itu merupakan pelaku perjalanan yang baru datang dari Makasar, Sulawesi Selatan, dengan pesawat pagi tadi.

Yang bersangkutan berprofesi sebagai Hakim di salah satu pengadilan di Kota Kupang. (ns/ns)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.