Kondisi terakhir Proyek Air Bersih di Desa Wajo, KEo Tengah, Nagekeo.

sergap.id, WAJO – Proyek air bersih di Desa Wajo, Kecamatan Keo Tengah senilai Rp500 juta yang bersumber dari APBD II Kabupaten Nagekeo, kini mubazir.

“Proyek yang dikerjakan asal jadi. Terbukti baru selesai di kerjakan, tapi air keluar hanya satu minggu, setelah itu tidak lagi,” papar Mus Gore, anggota DPRD Nagekeo asal Partai Golkar kepada SERGAP.ID.

Menurut Mus, dirinya telah cek langsung ke lokasi proyek.

“Pipa yang di pasang bukannya di kubur di dalam tanah, tetapi sebagiannya di ikat di pohon kayu. Apa memang dalam perencanaan seperti itu? Ini sudah merugikan negara, dan saya minta aparat penegak hukum segera periksa siapa pun dia,” pintanya.

Sayangnya Mus tak mengetahui kontraktor siapa yang mengerjakan proyek itu. Begitu juga Kepala Desa Wajo, Gabriel Wundu.

“Saya tidak tahu perusahaan mana yang kerja, karena saat pengerjaan, papan informasi proyek tidak dipasang di lokasi ptoyek. Tapi kontraktornya saya tahu. Dia itu asal Bajawa (Kabupaten Ngada), namanya Eman Kua,” kata Gabriel.

Sementara itu, Wilibrodus Bajo, salah seorang warga Wajo, kepada SERGAP.ID mengatakan, “Pak…. saya ini salah seorang yang ikut bekerja dalam proyek ini. Gara-gara ini proyek saya hampir bunuh orang. Pipa yang kami pasang, malam harinya ada orang datang potong buang. Saya tidak tahu apa motif mereka”.

Menurut dia, beberapa waktu lalu Kepala Desa Wajo membongkar pipa air tersebut untuk kepentingan O2SN.

Gabriel pun tidak mengelak. “Ini kami lakukan karena proyek yang dikerjakan itu airnya tidak keluar lagi,” katanya.

“Kita sangat susah untuk menetukan pihak mana yang bersalah, tetapi fakta di lapangan ya… air tidak bisa masuk ke reservoar. Kita hanya satu minggu menikmati air,” tegas Gabriel.

Informasi yang dihimpun SERGAP.ID, menyebutkan, pipa yang digunakan untuk mengalirkan air ke reservoar tidak sesuai spek yang ada di kontrak. Akibatnya, banyak pipa yang pecah akibat panas matahari. (Sherif Goa)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.