Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere.

sergap.id, KUPANG – Tiga pasien positif Covid-19 di Ende karena penularan lokal atau transmisi lokal berasal dari Nangapanda, sebuah kecamatan di Kabupaten Ende bagian Barat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Domi Mere, kepada SERGAP di teras Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Senin (1/6/20) sore.

Domi Mere belum bisa memastikan apakah ketiga orang tersebut sudah diisolasi dan dirawat. Namun mantan Direktur RSUD WZ Yohanes Kupang ini, mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende.

“Ya, sudah di koordinasikan dengan pihak rumah sakit untuk segera diisolasi dan dirawat,” katanya.

Domi Mere berharap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ende segera melakukan tracing contact agar bisa mencegah penyebaran virus ke orang baru.

Tracing contact atau pelacakan kontak adalah proses identifikasi orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan orang yang sudah terinfeksi virus corona untuk selanjutnya dilakukan isolasi terhadap orang-orang tersebut.

“Kebetulan tiga orang itu berasal dari satu wilayah di Ende bagian Barat (Nangapenda),” papar Domi Mere.

Untuk mempercepat pelacakan kontak, kata Domi Mere, pihaknya langsung mengirim hasil swab dari Lab PCR RSUD WZ Yohanes Kupang kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di NTT sesuai asal sampel swab pasien positif, untuk segera ditindaklanjuti.

“Baik yang negatif maupun yang positif, kita kirim semua. Yang positif biasanya kita langsung kirim setelah hasil swab keluar. Di hari libur pun kita langsung kirim, seperti hari ini (1 Juni 2020),” ucapnya. (cis/cis)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.