Bupati Kabupaten Ngada Paulus Soliwoa bersama istrinya.
Bupati Kabupaten Ngada Paulus Soliwoa bersama istrinya.

sergap.id, BAJAWA – Bupati Kabupaten Ngada, Paulus Seliwoa melantik Yosefus Nono menjadi Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ngada di Aula Kantor Bupati Ngada, Selasa, 18 Juni 2019.

Jabatan Sekda Ngada sebelumnya dijabat oleh Penjabat Sekda, Hironimus Reba Watu.

Dalam sambutannya, Soliwoa mengatakan, di era otonomi daerah yang sarat dengan tantangan dan persaingan saat ini, diperlukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk Sekda yang memiliki keunggulan kompetitif dan memegang teguh pada etika birokrasi dalam rangka mewujudkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Jabatan Sekda sesungguhnya mempunyai peran yang sangat penting, karena Sekda berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya”, ujarnya.

Karena dengan fungsi demikian, lanjut Soliwoa, maka Sekda sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintah daerah. Sebab citra Pemerintah Kabupaten Ngada akan sangat banyak ditentukan oleh Sekda dalam melaksanakan tugasnya.

“Tantangan tugas Pemerintah Kabupaten Ngada di hari-hari mendatang semakin berat, terutama menjawab tuntutan dan harapan masyarakat, sebagaimana yang kami adopsi dari aspirasi mayoritas masyarakat, dan kemudian menjadi spirit kita Membangun Ngada dari Desa,” katanya.

Soliwoa menjelaskan, Membangun Ngada dari Desa termasuk dalam upaya penataan dan perbaikan berbagai aspek kehidupan masyarakat dengan tetap berlandaskan pada tujuan bersama yang menjadi tema pembangunan daerah, yakni pemberdayaan perekonomian dan kelembagaan perekonomian rakyat, pengembangan infrastruktur sosial, ekonomi, peningkatan pemenuhan pelayanan dasar dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan dalam rangka mencapai Masyarakat Ngada yang Unggul dan Mandiri dalam bingkai Budaya Ngada.

Usai dilantik menjadi Sekda, kepada wartawan, Yosefus Nono mengatakan, sebagai Sekda yang baru dirinya akan melakukan penyesuaian dengan visi dan misi Bupati Ngada.

“Saya akan memberi perhatian penuh kepada kedisiplinan Aparatus Sipil Negara (PNS) di sini. Saya mempunyai tiga prinsip dalam mejalankan tugas, yaitu fokus, terukur dan tuntas. Setiap ASN harus memegang tiga prinsip ini”, tegasnya.

Pelantikan Sekda Ngada, Yosefus Nono di Aula Kantor Bupati Ngada, Selasa, 18 Juni 2019.

Yosefus menambahkan, dirinya akan memberi perhatian penuh pada kinerja semua ASN sampai ke tingkat yang paling rendah agar bekerja sesuai porsinya dan berlandaskan kedisplinan. (bel/bel)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.