Bupati Kabupaten Ngada, Paulus Soli Woa
Bupati Kabupaten Ngada, Paulus Soli Woa

sergap.id, KUPANG – Bupati Kabupaten Ngada, Paulus Soli Woa, tak menyangka mantan Ketua DPRD Ngada yang juga Calon Bupati Ngada 2020-2025 asal PAN dan HANURA, Kristoforus Loko, terkonfirmasi positif Covid-19.

“Semua orang tidak berharap mengalami hal itu, termasuk Pak Kristo. Karena itu saya ikut prihatin sekaligus mendoakan beliau agar cepat sembuh dan bisa kembali mengikuti tes kesehatan dan tahapan pilkada yang lain,” ujar Paulus kepada SERGAP di Kupang, Selasa (8/9/20).

Paulus mengaku kaget setelah membaca berita di berbagai media elektronik yang mengatakan Kristo Loko postif corona.

“Saya kaget. Saya sempat kontak Pak Kristo, tapi tidak tersambung. Ya… mudah-mudahan beliau cepat sembuh,” ucap Bupati yang juga Cabup Ngada 2020-2025 dari Partai Demokrat dan Nasdem itu.

Sebelumnya, Selasa (8/9/20) pagi, kepada SERGAP per telepon, Kristo Loko mengaku kondisi kesehatannya baik-baik saja.

“(Kesehatan) saya aman le. Saya hanya kelelahan saja. Saya agak drop memang. Karena tiap hari (kampanye dialogis) pulang jam dua jam tiga,” ujarnya.

Saat ini Kristo Loko menjalani karantina mandiri di Rumah Sakit Tentara (RST) Wira Sakti Kupang.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kabupaten Ngada, Tedi Nono, mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Kristo Loko untuk melakukan penelusuran kontak dengan siapa saja dia melakukan kontak fisik, baik saat masih di Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada, maupun di Kupang.

Tedi menegaskan, pihaknya sedang melakukan contact tracing untuk mendeteksi orang-orang yang pernah kontak fisik dengan Kristo Loko selama 14 hari ke belakang, terhitung sejak tanggal 8 September 2020.

“Saya juga sudah konfirmasi dengan beliau (Kristo Loko), dan dia juga sudah menginformasikan ke saya, siapa-siapa yang pernah kontak fisik dengan beliau. Dasar ini kita akan melakukan penelusuran untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan sampel swabnya akan dikirim ke (RSUD WZ Yohanes) Kupang untuk di tes swabnya,” katanya.

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) KPU Ngada, Wis Raubata, mengatakan, status terkonfirmasi positif Covid-19 yang dialami Kristo Loko tidak mempengaruhi tahapan Pilakada.

“Jika demikian adanya, maka kita hanya menggeser waktu tes kesehatan bagi yang bersangkutan sampai yang bersangkutan benar-benar negatif (dari Covid-19),” ujar Wis, singkat. (red/red)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.