cuplikan video kemarahan aktivis GMNI Sikka
Cuplikan video kericuhan demo GMNI di kantor DPRD Sikka, Kamis 9 September 2021.

sergap.id, MOF – Aksi demonstrasi GMNI Cabang Sikka di Kantor DPRD Sikka pada Kamis (9/9/21) siang, berakhir ricuh. Wakil Ketua DPRD Sikka, Yoseph Karmianto Eri, nyaris dikeroyok lantaran mengatai demonstran berteriak seperti babi saat menyampaikan protes kepada pemerintah dan DPRD.

Awalnya Yopseh yang juga mantan aktivis PMKRI Maumere itu menerima massa GMNI di luar Gedung DPRD Sikka.

Berdiri di punggung tangga, Yoseph pun berbicara kepada massa demonstran dengan nada tinggi. Saat itulah dia mengatai para demonstran teriak-teriak seperti babi.

Pernyataan itu pun spontan menyulut marah para demontran. Sejumlah aktivis terlihat langsung melangkah maju menaiki tangga menghampiri Yopseh. Beruntung polisi sigap menghalangi demontran. Jika tidak, mungkin saja Yopseh sudah bonyok karena dikeroyok.

Dan, setelah melihat massa emosi,  Yopseh pun tampak gagap dan ketakutan, serta berlindung dibalik deretan polisi yang mengawal aksi.

Aksi kemudian dibubarkan oleh polisi, dan para masiswa kembali ke sekretariat GMNI Sikka.

Menurut mahasiswa, awalnya aksi mereka yang bergerak dari Sekretariat GMNI di Jalan Soekarno Hatta, Lorong BK3D, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, menuju Kantor DPRD Sikka, itu berlangsung aman dalam pengawalan aparat kepolisian.

Namun sampai di DPRD itulah, karena ulah Yoseph pula, aksi yang semula berjalan damai berubah menjadi keributan.

Sejumlah masiswa pun menyesali sikap Yoseph yang arogan dan sombong itu.

“Woe… babi ini yang dulu kau datang negmis-ngemis suara”, sindir salah mahasiswa sambil menunjuk-nunjuk Yoseph.

BACA JUGA: Tuntutan GMNI

Yoseph sendiri adalah politisi PKB yang diketahui mendukung Bupati Sikka, Robi Idong, sejak Robi Idong menjadi peserta Pilkada Sikka periode 2018-2023.

Ia diduga tersulut emosi karena ‘tuannya’ dalam beberapa hari terakhir ini terus didemo oleh mahasiswa dan para rohaniwan di Maumeme sejak video karoke ‘tuannya’ di Pulau Semau viral di media sosial. (rek/rek)

KOMENTAR ANDA?

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini